Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura melakukan seminar kebangsaan untuk menyosialisasikan pemilihan umum (pemilu) damai bagi mahasiswa.

"Tujuan terselenggaranya kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa ditengah kontestasi Pemilu 2024 baik pilpres maupun pileg yang kita akan laksanakan di tanggal 14 Februari dengan baik," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Kamis.

Dijelaskan, bahwa kesadaran akan nilai-nilai pancasila akan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap NKRI, menghargai kebhinekaan, Undang-Undang Dasar dan Pancasila.

Hal itu kata dia akan sangat penting bagi generasi muda supaya dapat menjaga keutuhan serta stabilitas negara dalam menghadapi kontestasi politik.

“Kita perlu memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada generasi muda tentang situasi dan kondisi politik saat ini serta bagaimana generasi muda menyikapi serta memahami ideologi pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, ditengah persaingan kontestasi politik di negara ini," katanya menjelaskan.

Rektor berharap dengan terselenggaranya seminar ini para peserta dapat memahami dengan sungguh nilai-nilai luhur Pancasila serta pengetahuan tentang apa yang harus kita hadapi terkait kontestasi politik dan cara menyikapinya agar Pemilu 2024 bisa berjalan dengan damai dan demokratis.

Sementara itu Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, mengatakan Pancasila memiliki peran penting dalam pemilu yaitu implementasi kedaulatan rakyat bagi negara demokrasi dan sarana membentuk perwakilan politik pada pergantian pemimpin secara konstitusional.

Lanjut dijelaskan Kasdam, dewasa ini banyak marak terjadi gejala menurunnya nilai-nilai Pancasila.

"Untuk itu perlu adanya upaya menumbuhkan dan menggugah kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat khusunya bagi mahasiswa/mahasiswi sebagai generasi muda, salah satunya dengan dialog dan seminar kebangsaan," tutur Kasdam.

Selain itu Kasdam juga menjelaskan tentang netralitas TNI untuk tidak memihak dan memberikan dukungan kepada partai politik maupun pasangan calon presiden serta calon legislatif.

"TNI tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis sesuai dengan instruksi Panglima TNI No. Ins/1/VIII/2023 Tanggal 21 Agustus 2023 tentang Pedoman Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024