Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku berkomitmen meningkatkan kompetensi wartawan di daerah itu dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

"Karena ini baru tahun pertama kepemimpinan saya, pada prinsipnya kami mengacu pada hasil kongres di Bandung, bagaimana pembenahan organisasi keanggotaan serta meningkatkan pendidikan bagi anggota PWI melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," kata Ketua PWI Maluku Alex Sariwating di Ambon, Jumat.

Alex Sariwating mengatakan UKW yang dilaksanakan tersebut difokuskan pada jenjang wartawan muda, madya, dan utama, bagi wartawan yang berstatus keanggotaan PWI.

"Melalui kerja sama PWI pusat dengan Kementerian BUMN sedang kami upayakan untuk UKW menjadi enam kelas untuk jenjang muda tiga kelas atau 18 orang, madya dua kelas berjumlah 12 orang, dan utama satu kelas yang berjumlah enam kelas," katanya.

Selain itu pihaknya tengah mendorong pengurus PWI yang ada pada kabupaten dan kota di Maluku agar dapat melakukan kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota masing-masing untuk dapat melakukan UKW di daerah masing-masing.

"Kalau teman-teman di kabupaten kota bisa melakukan UKW juga itu lebih baik, disamping itu hal tersebut juga dapat mempercepat proses keanggotaan bagi teman-teman yang ingin bergabung ke PWI," ucapnya.

Pasalnya, kata dia, sertifikat UKW saat ini menjadi salah satu syarat untuk dapat melakukan wawancara maupun peliputan bagi para wartawan.

"Karena kalau sewaktu-waktu dewan pers memberlakukan hal itu, maka teman-teman yang belum UKW bisa kesulitan di lapangan," katanya. 

Oleh sebab itu  pihaknya membuka kesempatan kepada seluruh wartawan di Maluku untuk menjadi anggota PWI. "Silahkan mendaftar bisa langsung datang ke kantor PWI," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024