Ambon (Antara Maluku) - PT Jasa Raharja dan Direktorat Polda Maluku bekerja sama untuk menggelar kampanye keselamatan lalu lintas di Kota Ambon pada 11 Mei 2013.

"Dalam rangka mengurangi kecelakaan lalu lintas di Maluku khusunya Kota Ambon, Jasa Raharja sebagai perusahaan asuransi bagi masyarakat Indonesia menggelar kegiatan `Safety Riding` dilanjutkan dengan kampanye keselamatan lalu lintas," kata Kepala Bagian Humas dan Hukum PT Jasa Raharja Maluku Syarwani di Ambon, Selasa.

Kegiatan kampanye itu akan diikuti pengendara roda dua yang memiliki kelengkapan kendaraan sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 1.000 peserta, di antaranya pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, komunitas motor dan ojek yang ada di Ambon," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pengguna sepeda motor tentang pentingnya ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, kegiatan itu juga guna meningkatkan kecakapan pengendara dalam mengendarai sepeda motor, melatih cepat tanggap dan kewaspadaan bagi pengendara dalam situasi yang berbahaya.

"Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan membantu program pemerintah dalam rangka menurunkan angka kecelakaan dan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Langkah tersebut, lanjutnya, juga menumbuhkan kesadaran masyarakat agar selalu berdisiplin di jalan raya dan mengutakan keselamatan di atas segalanya.

"Banyak korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia dan mengalami cacat seumur hidup sehingga menjadi beban bagi keluarga," katanya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga akan dilakukan pembagian helm sebanyak 400 buah kepada masyarakat, agar berkendara lebih baik dan menjaga keamanan di jalan raya.

Rute kampanye keselamatan lalu lintas akan dimulai dari Lapangan Merdeka Ambon menuju Desa Passo dan kembali lagi ke Lapangan Merdeka.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013