Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku meninjau langsung pemungutan suara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon. 

“Berdasarkan peninjauan  proses pencoblosan di Lapas, berjalan aman dan lancar. Pegawai Lapas juga  membantu mengarahkan pemilih untuk menyalurkan hak politiknya,” kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi masyarakat dan Humas Bawaslu Maluku  Daim Baco Rahawarin, di Ambon, Rabu.

 

Ia mengatakan, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan pencoblosan warga binaan Lapas berjalan kondusif tanpa intervensi pihak manapun. 

 

“Kita hanya memastikan saja. Apa lagi ini kan termasuk TPS khusus. Bahkan petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS)nya dan KPPSnya semuanya dari pegawai Lapas. Ini sudah mekanisme mereka, kami hanya membantu mengawasi dan memberikan pelatihan,” ujarnya. 

 

Ia menyebutkan, sebanyak dua petugas PTPS dan KPPS dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ditempatkan pada masing-masing TPS di Lapas. 

 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Ambon Mukhtar mengatakan, sebanyak 401 narapidana yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Lapas menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus Lapas kelas IIA Ambon.

 

"Di Lapas Ambon ini ada dua TPS yaitu 902 dan 903. Sesuai yang ditetapkan KPU Ada 401 narapidana pemilih dan 30 petugas lapas, jadi semuanya ada 431 orang," katanya. 

 

Mukhtar mengatakan antusiasme narapidana penghuni Lapas kelas IIA Ambon tersebut sudah terlihat sejak pagi hari saat TPS dibuka oleh petugas.

“Disini TPS 902 ada 214 DPT sementara TPS 903 ada 217 DPT," ucapnya.

 

Tata cara pemilihannya pun sedikit berbeda dibanding pemungutan suara diluar Lapas. Sebelum masuk ke TPS para narapidana melihat daftar nama calon legislatif tingkat kota hingga provinsi.

 

"Jadi untuk pemilihan presiden kan pasti sudah banyak informasi yang diketahui, tapi kalau caleg itu kita tempel namanya di papan pengumuman, supaya warga binaan bisa menentukan siapa yang mau dipilih," ujar Mukhtar.

 

Penggeledahan secara ketat pun diberlakukan kepada para narapidana sebelum memasuki ruangan TPS. Lapas kelas IIA Ambon menyiapkan seorang petugas penggeledah untuk warga binaan atau narapidana.

 

Terkait pengamanan Pemilu di Lapas kelas IIA Ambon pihak Lapas Ambon juga dibantu oleh empat personel Kepolisian yang berkolaborasi dengan petugas setempat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024