Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif menegaskan kepada seluruh masyarakat agar menjaga Kamtibmas hingga usai penghitungan suara pemilu.

“Saya tetap berpesan agar masyarakat terus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sampai dengan selesainya penghitungan suara. Sehingga kegiatan pemilu dapat berjalan aman dan kondusif,” kata Lotharia di Ambon, Rabu.

Sebelumnya, Kapolda bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku melaksanakan patroli pemantauan pemungutan suara pemilu di sejumlah tempat pemungutan suara (tps) di Kota Ambon.

Kapolda Maluku menyampaikan peninjauan tahapan pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah tps untuk memastikan situasi keamanan yang kondusif.

“Ini adalah salah satu wujud komitmen kami TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah dalam menjamin pengamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024," ujarnya.

Pemantauan pemilu yang dilakukan tersebut, kata Kapolda, agar masyarakat saat menggunakan hak pilihnya merasa aman dan nyaman.

“Dari hasil pemantauan tadi, kami lihat semuanya berjalan aman dan kondusif. Mungkin ada beberapa kendala teknis, tapi semuanya dapat teratasi secepatnya,” ucap Kapolda.

Kapolda menyatakan akan menindak tegas orang yang mengganggu kamtibmas di masa pelaksanaan pemilu.

"Polri akan menindak tegas setiap upaya-upaya baik perorangan atau kelompok yang akan mencoba mengganggu dan membuat situasi kamtibmas tidak kondusif sesuai aturan hukum yang berlaku,” katanya menegaskan.

Ia juga mengaku, pihaknya akan gencar melakukan patroli dan bekerja sama dengan bawaslu dalam satgas Gakkumdu untuk meningkatkan patroli siber dalam rangka mencegah penyebaran hoaks di media sosial.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024