Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) merespons dukungan untuk bersama-sama mendorong daerah itu sebagai kota layak anak dengan pemenuhan hak anak mulai dari mendapatkan akses pendidikan, kesehatan hingga ruang publik.

"Kota Ternate telah dianugerahi Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI terhadap pemerintah di daerah, dan hak-hak anak harus diwujudkan sebagai dukungan Ternate menjadi KLA," kata Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Ternate Rizal Marsaoly di Ternate, Minggu.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penguatan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Pendidikan, DP2A, Disnaker dan instansi lainnya, sehingga dukungan itu bisa menjadikan Ternate kota layak anak.

Penganugerahan kota layak anak ini, karena Kota Ternate memiliki komitmen tinggi dalam mengintegrasikan pembangunan daerah yang berbasiskan pada pemenuhan hak anak.

Sebelumnya Pemkot Ternate menerima anugerah Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya tahun 2023 yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga.

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Malut yang diundang untuk menerima penghargaan, karena berhasil mempertahankan dan meningkatkan capaian KLA kategori Nindya.

Sebelumnya, Tauhid Soleman menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan mitra pemkot yang secara bersungguh-sungguh mendorong percepatan implementasi Kota Layak Anak, melalui berbagai program dan kegiatan andalan yang peduli terhadap hak tumbuh kembang setiap anak di Kota Ternate.

Menurut Tauhid, pencapaian KLA ini merupakan wujud nyata dari visi dan misi yang telah ditetapkan, dan menjadi penanda bahwa Pemkot Ternate terus berbenah dan terus bergerak untuk berbagai perubahan.

Kota Ternate dua tahun berturut-turut meraih penghargaan KLA Kategori Nindya setelah kategori Pratama dan Madya. Untuk tahun 2023, Kategori Nindya berhasil dicapai dengan nilai 772, lebih tinggi dari tahun 2022, yakni 733.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024