Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, menyatakan telah usulkan jaringan telekomunikasi dari tower merah putih Telkomsel ke wilayah Pulau Makian.

"Kita sudah mengusulkan ke Pemkab Halmahera Selatan, agar dapat menjawab keluhan warga di Pulau Makian, khususnya yang berada di Kecamatan Makian Barat, karena di wilayah itu merupakan kawasan Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dan warga sangat kesulitan dengan jaringan seluler maupun jaringan internet," kata Kadis Kominfo Pemkab Halsel melalui Camat Makian Barat, Ujud Rajilun kepada ANTARA di Desa Mateketen ibukota Kecamatan Makian Barat, Selasa.

Usulan disampaikan, menyusul adanya keluhan warga yang kesulitan menggunakan jaringan baik telepon maupun internet saat berada di Pulau yang dikenal dengan penghasil buah kanari terbesar di wilayah Maluku Utara itu.

Dia mengatakan, Pulau Makian memiliki dua kecamatan, dari dua itu, yang paling terparah adalah di Kecamatan Makian Barat, khususnya soal jaringan yang selama ini membuat warga harus mencari jaringan baik di tepi pantai maupun di butik.

Baca juga: Diskomsandi sebut izin tower di Ternate bermasalah

"Jaringan di tujuh desa di Kecamatan Makian Barat itu, selama ini digunakan itu hanya mengandalkan jaringan tower BTS, sehingga kapasitasnya sangat terbatas, yang menyebabkan warga di wilayah itu, kesulitan untuk memanfaatkan jaringan tersebut,"ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, dengan adanya usulan jaringan tower merah putih dari Telkomsel ke Pemkab Halmahera Selatan maka diharapkan akan meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Banyak hal yang ada di Kecamatan Makian Barat, tetapi selama ini jarang di ekspos, karena memang terkendala dengan jaringan, padahal kalau jaringan bagus kemudian diekspos maka tidak tertutup kemungkinan akan mendorong mobilitas masyarakat dari dan ke Pulau Makian yang merupakan salah salah pulau terluar dan terpencil di Kabupaten Halmahera Selatan itu,"kata Camat Makian Barat.

Sementara itu, tujuh kepala desa di Kecamatan Makian Barat berkomitmen akan bersama - sama dengan Pemerintah Kecamatan Kecamatan setempat, agar memperjuangkan usulan pembangunan jaringan tower merah putih Telkomsel, agar mendukung percepatan pembangunan di Pulau Makian.

Sebelumnya, Bupati Halsel, Bassam A Kasuba mengatakan, Pemkab Halsel akan fokus membangun berbagai kebutuhan infrastruktur mulai dari pembangunan jalan lingkar dan ketersediaan tower jaringan Telkom seluler, agar dapat menjawab keluhan warga di Pulau Makian,

Baca juga: Pemkab Kepulauan Sula dapat bantuan 39 tower, perluas jaringan internet

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024