Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku bersama Australian Nasional University melakukan kerja sama bidang kesehatan pada lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk pembangunan Indonesia Timur.

"Kerja sama dilakukan Fakultas Pertanian dan Program Magister Agribisnis Pascasarjana Universitas Pattimura dengan Australian National University," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Rabu.

Kerja sama itu juga melibatkan Smeru institute dengan menggelar seminar forum kajian pembangunan yang bertema 'Mendorong kemajuan inovasi di bidang kesehatan masyarakat dan peran LSM dalam pembangunan di Indonesia timur'.

Rektor mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membangun infrastruktur yang diikuti dengan pembangunan sumberdaya manusia yang bermutu.

"Selain pendidikan dan ekonomi, kesehatan merupakan salah satu komponen krusial dalam Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index), khususnya di kawasan timur Indonesia. Sumberdaya manusia yang sehat ditentukan oleh asupan nutrisi konsumsi yang cukup, beragam, berimbang, sehat dan aman," katanya menjelaskan.

Baca juga: BP2MHKP Ambon edukasi kebijakan standardisasi perikanan pada mahasiswa

Oleh sebab itu Lembaga Swadaya Masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan dalam pembangunan kesehatan masyarakat kawasan timur Indonesia melalui berbagai hasil kajian, pemberdayaan masyarakat dan percepatan Pembangunan sosial, kelembagaan, ekonomi dan lingkungan serta bidang lainnya.

"Seminar forum kajian pembangunan mengatakan sesuai dengan visi Universitas Pattimura yakni Unpatti menuju world class university, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kesehatan juga merupakan salah satu komponen penunjang, selain pendidikan dan ekonomi kesehatan," kata dia.

Sementara itu perwakilan Australian National University, (ANU) Indonesia Project Prof Budy P. Resosudarmo mengatakan, seminar inovasi dalam memperbaiki kesehatan masyarakat dan juga peran dari komunitas diharapkan dapat memberikan semangat untuk dapat melakukan penelitian ilmiah dan merangsang adanya seminar rutin yang dilakukan setiap waktu untuk menyebarkan pengetahuan.

"Hasil dari diskusi hari ini, nantinya akan memberikan kontribusi bagi pengembangan kesehatan masyarakat Maluku dan peningkatan SDM yang berkualitas," kata Budy.


Baca juga: Unpatti Ambon-Kemenlu RI edukasi sistem diplomasi pada mahasiswa

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024