Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Tahun. Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Maluku Tenggara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Pertanian setempat menggelar Gerakan Tanam (Gertam)  menanam enam ribu  bibit  cabai.

Ketua TP PKK Maluku Tenggara, Siti Halimah Jasmono, yang diwakili Sekretaris TP PKK Fatma Talaohu di Langgur, Senin  menyampaikan, Gerakan tanam cabai ini diselenggarakan serentak oleh TP PKK Pusat, diikuti TP PKK Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 

"Gerakan menanam  cabai secara serentak yang dilaksanakan TP PKK dan Dinas Pertanian Maluku Tenggara merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke 52 tahun, sebagai upaya dalam menekan inflasi di daerah," ujar Talaohu.

Menurut Talaohu, cabai merupakan salah satu komoditas  yang memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

Kegiatan ini katanya menjadi salah satu skala prioritas TP PKK Maluku Tenggara dalam membantu  Pemerintah Daerah melalui program ketahanan pangan yang juga mengarah pada penanganan inflasi.

Sebanyak  enam ribu anakan pohon cabai ditanam di beberapa lokasi yang tersebar di wilayah Kecamatan Kei Kecil diantaranya  lahan BPP Kei Kecil sebanyak 500 anakan cabai keriting varietas lado sebanyak 100 anakan cabe dewata sebanyak 400 anakan.

Sementara untuk    lahan kluster sebanyak 4.000 anakan, yang terdiri atas     Ohoi (Desa)  Maar sebanyak 1.000 anakan, Ohoi Danar Sare, sebanyak 1.000 anakan, Ohoi Danar Ternate  1.000 anakan,     Ohoi Elaar Ngursoin. 1.000 anakan

Untuk lahan-lahan kelompok Tani sebanyak 1.500 anakan yang terdiri  atas, Ohoi Ngayub sebanyak 500 anakan, Ohoi Loon 350 anakan,    Ohoi Kelanit sebanyak 350 anakan dan Ohoi Ohoijang sebanyak 300 anakan. (DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024