Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku berkolaborasi dengan Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk meningkatkan kapasitas dosen di kampus tersebut.

“Bentuk kolaborasi itu dalam pengabdian masyarakat, seminar internasional, dan tolok ukur. Hal ini sebagai respon terhadap tantangan persaingan global di bidang pendidikan yang saat ini sedang marak,” ucap Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) untuk mengirimkan perwakilan dosen terbaiknya mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, seminar internasional, dan penolokukuran yang digerakkan oleh asosiasi dosen kolaborasi lintas perguruan tinggi di Indonesia yang berlangsung pada tiga negara ASEAN.

“Beberapa dosen FISIP Unpatti yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Dr Dortje L. J. Lopulalan dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Dr Mike J. Rolobessy dari Program Studi Ilmu Pemerintahan,” katanya.

Dikatakan, upaya kolaboratif ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia di kalangan pendidik, mempersiapkan diri untuk akreditasi program, dan mendukung kerja sama antar perguruan tinggi.

Baca juga: Unpatti Ambon gelar olimpiade sains tingkatkan kualitas pendidikan gen Z

Serangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh para tenaga pengajar pada perguruan tinggi itu yakni pelayanan kepada masyarakat Internasional (PKM) di Malaysia yang berpusat di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Kemudian seminar internasional tentang tantangan pencapaian SDG yang diselenggarakan di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), seminar ini memfokuskan pada tujuan pembangunan berkelanjutan, berbagi pengalaman antara Malaysia dan Indonesia di tengah ketidakpastian lingkungan global.

Benchmarking atau penolokukuran dengan Penerbit Budiman di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) yang terletak di Tanjung Malim Malaysia,” kata dia.

Kolaborasi komprehensif ini bertujuan memperkuat keahlian para dosen, meningkatkan poin akreditasi secara proaktif, dan mendorong kemitraan akademik lintas batas.

Inisiatif ini mencerminkan komitmen FISIP Unpatti untuk keunggulan dan keterlibatan global dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang.


Baca juga: Unpatti berkontribusi dukung Ambon kota musik lewat paduan suara

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024