Pemerintah Provinsi Maluku melakukan penanaman pohon secara serentak memasuki musim hujan tahun 2024 di daerah itu.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia dan surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 6 tahun 2024 tentang penanaman pohon serentak tahun 2024,” kata Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie di Ambon, Jumat.

Sadali menjelaskan, kegiatan itu dilakukan di sekitaran Bandara Pattimura Ambon dengan menanam sebanyak 1.000 bibit pohon.

Selain di tempat tersebut, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan pada tiga lokasi di Pulau Ambon, yaitu di Desa Mamala, Desa Hitu, dan Desa Airlouw.

"Gerakan penanaman pohon serentak musim hujan hari ini, melibatkan pemangku kepentingan terkait, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan budaya menanam, serta memulihkan hutan dan lahan, mengendalikan perubahan iklim, dan mencegah bencana hidrometeorologi,” katanya.

Baca juga: Pemprov Maluku berhasil meraih peringkat I Anugerah Media Center 2024

Sadali juga memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pelaksanaan penanaman pohon tersebut, serta komitmen untuk terus memperkuat kebijakan pengendalian perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan penurunan emisi gas rumah kaca sebagaimana tercantum dalam dokumen perencanaan daerah.

Dia juga mengajak semua pihak untuk secara aktif mengedukasi masyarakat dalam melestarikan alam sekitar, dan turut serta dalam gerakan penanaman pohon di Provinsi Maluku.

Pada kesempatan itu ia menyoroti permasalahan seperti penebangan liar, perambahan hutan, kebakaran hutan/lahan, dan alih fungsi lahan (deforestasi), yang saat ini menjadi perhatian pemerintah Provinsi Maluku.

“Mari kita menjaga kelestarian alam agar tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti,” katanya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bidang Hubungan antar Lembaga Pusat dan Daerah, wali kota Ambon, Komandan Pangkalan TNI AU Pattimura Ambon, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku (mewakili), General Manager PT Angkasapura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon, para Kepala Balai UPT KLHK di Provinsi Maluku, dan Kepala UPTD KPH Pulau Ambon.

Baca juga: Pemprov Maluku dan BKKBN intensifkan upaya percepatan penurunan stunting

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024