Aparat Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Pulau Buru mengawal pergeseran hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku.

Kapolres Buru AKBP. Sulastri Sukidjang mengatakan, hasil Pemilu 2024 Kabupaten Buru tersebut dikirim menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Merah Putih Namlea, Kabupaten Buru.

"Mulai berangkatnya hasil rekapitulasi suara itu dari Namlea sampai di Kota Ambon tidak ada kendala dan langsung diserahkan untuk selanjutnya dilakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan di tingkat provinsi," kata Sulastri, Ambon, Minggu.

Alat transportasi yang digunakan untuk membawa hasil Pemilu kabupaten Buru ini yaitu satu unit kapal cepat milik Pemerintah Daerah Kabupaten Buru.

Ia mengaku, pengawalan ini juga dilakukan dalam rangka memastikan transparansi dan keadilan dalam proses demokrasi serta memastikan integritas proses demokrasi dan menghindari potensi pelanggaran serta kecurangan dalam perhitungan suara.

Baca juga: KPU Buru realisasikan pendistribusian logistik pemilu ke empat kecamatan

Kapolres juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sejak hingga berakhirnya Pemilu di Kabupaten Buru.

Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan percaya pada integritas proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Lebih lanjut akan diumumkan hasil rekapitulasi suara secara resmi oleh KPU setelah proses tersebut selesai dan hasilnya telah diverifikasi secara menyeluruh.

“Selanjutnya saya kembali mengimbau kepada masyarakat mari bersama-sama dengan kami Polri untuk menjaga daerah tercinta ini tetap aman, damai dan sejahtera," ucapnya.

Baca juga: Kapolda Maluku lakukan sertijab Kapolres Pulau Buru

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024