Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Panca Karya Maluku menyiapkan sebanyak lima armada kapal untuk melayani masyarakat selama angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Persiapan angkutan Lebaran tahun 2024 ini panca karya menyiapkan lima armada dengan lintasan Wai - Kailolo, Hunimua - Waipirit, Galala - Namlea dan Ambon - Tual,” kata Kepala Unit Usaha Pelayaran PD Panca Karya Maluku Cornelis Pattinama di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, untuk lintasan Wai - Kailolo ada satu armada yang siap melayani, Hunimua - Waipirit dua armada, Galala - Namlea juga dua armada dan Ambon - Tual satu armada.

Menurut Cornelis, lintasan yang menjadi tantangan dari tahun ke tahun yang dilayani Panca Karya, adalah jumlah penumpang yang kerap membludak pada pada rute Hunimua - Waipirit, Wai - Kailolo dan Galala - Namlea.

Sehingga langkah antisipasinya adalah melakukan penambahan trip di luar jadwal operasi kapal. “Kita tidak ada penambahan armada tapi kita pastikan ada penambahan trip yang nanti dilihat dari situasi dan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Cornelis mengaku untuk Maluku sendiri, tidak ada kapal cadangan yang disiapkan dalam menghadapi mudik lebaran Idul Fitri maupun Natal dan libur tahun baru. Tetapi PD Panca Karya dan perusahaan pelayaran lainnya di Maluku, memastikan selalu ada ekstra trip.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2024, ini agar dapat mentaati aturan yang ada.

“Kami harap masyarakat dapat memaklumi dengan bersabar untuk trip-trip kapal selanjutnya. Karena kapasitas kita kan juga terbatas. Kalau terjadi lonjakan penumpang kita pastikan selalu ada penambahan trip,” ucapnya.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024