Dalam menghadapi arus mudik lebaran 1445 Hijriah PT Pelni Cabang Ambon mendapat  tambahan tiga kapal  guna membantu 10 kapal lainnya  yang selama ini melayani rute pelayaran di kawasan timur Indonesia sampai ke wilayah barat.

"Ketiga kapal itu masing-masing,  KM Gunung Dempo, KM Ceremai, dan KM Sinabung yang baru turun doking," kata Kepala Cabang PT Pelni Ambon Ilhamda di Ambon, Kamis.

Dengan ditambahnya tiga kapal maka tercatat ada 13 kapal Pelni yang melayani jalur pelayaran kawasan itu.

Sedangkan 10 kapal yang selama ini berlayar dan menyinggahi pelabuhan Yos Sudarso Ambon yakni KM Labobar, KM Dorolonda, KM Dobonsolo, KM Ngapulu, KM Tidar, KM Sirimau, KM Leuser, KM Tatamailau, KM Sangian, dan KM Pangrango.

Selain kapal milik PT Pelni ada juga tiga kapal perintis yakni Sabuk Nusantara (Sanus) 106, Sanus 71, dan Sanus 105 yang mendukung pelayaran di daerah ini.

"Kalau kapal perintis ini, pada tahun lalu  ada tujuh armada, namun sekarang hanya tiga armada saja yang di kelola Pelni," ujarnya.

Untuk angkutan Lebaran 2024 ada dispensasi penumpang sebesar 50 persen dari kapasitas tergantung dari kapalnya dan  disesuaikan dengan alat keselamatan di atas kapal.

"Jadi dispensasi ini hanya berlaku selama angkutan Lebaran saja, apalagi tiket untuk tujuan rata-rata ke Pulau Jawa sudah habis terjual,"ujarnya.

Saat arus mudik Pelni menargetkan tiga aspek yaitu  mengutamakan keselamatan, mencegah insiden serta memberikan  pelayanan yang baik dan  bagus.

"Pelni setiap tahun melakukan evaluasi dan  monitoring soal  pelayanan termasuk memastikan tiket mudik gratis diberikan kepada yang tepat dan berhak",kata dia.


 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024