Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut)  menggelar patroli guna  mengantisipasi  potensi gangguan keamanan  serta menempatkan personel di sejumlah lokasi strategis menjelang  Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur panjang. Dalam upaya ini, Polda Malut telah meningkatkan patroli di berbagai wilayah, terutama di titik-titik rawan seperti terminal, pelabuhan, bandara dan pusat perbelanjaan," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Selasa.

Dirinya menegaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak serta instansi terkait lainnya. 

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat selama perayaan Idulfitri. 

Selain itu, langkah-langkah preventif juga ditingkatkan, seperti peningkatan pengawasan terhadap barang yang masuk ke wilayah Kota Ternate.

Dalam menjaga  keamanan, Polda Malut juga aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban.

"Sosialisasi ini meliputi imbauan untuk tidak mudik jika tidak mendesak, serta mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi kejahatan seperti pencurian dan perampokan," jelasnya.

Polda Malut juga siap menghadapi berbagai kemungkinan gangguan keamanan yang dapat terjadi.dengan menyiapkan personel dan sarana prasarana untuk merespons dengan cepat setiap situasi darurat yang mungkin timbul. 

Selain itu, Polda Malut juga terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan situasi keamanan baik secara internal maupun eksternal.

Dirinya menambahkan, dengan langkah-langkah antisipasi yang telah dilakukan, diharapkan perayaan Hari Raya Idulfitri di Malut dapat berjalan lancar dan damai tanpa adanya gangguan keamanan yang signifikan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024