Manajemen PT ASDP Pelabuhan Feri Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan aktivitas penumpang bersilaturahmi di momentum  Idul Fitri 1445 Hijriah ke sanak familinya di Tidore dan Sofifi lebih memilih menggunakan armada feri.

"Kepadatan penumpang mulai terlihat pada H+1 dan H+2 lebaran Idul Fitri, terutama untuk rute Ternate-Tidore dan Ternate-Sofifi," kata GM PT ASDP  Kota Ternate Handoyo Priyanto , di Ternate, Jumat.

Menurut dia, kepadatan penumpang dan kendaraan roda dua dan roda empat rute Ternate-Sofifi dan Ternate-Tidore bukan penumpang arus balik, tetapi mereka yang akan berlebaran ke sanak famili di momentum hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dia mengatakan, dari dan ke pelabuhan Feri Bastiong Ternate mengalami peningkatan hingga 60 persen pada H+3 Lebaran, dibandingkan kondisi tahun lalu.

Dimana, untuk jumlah penumpang pada H+2 hari ini mencapai 1.789 orang atau mengalami lonjakan 60 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 953 orang.

Sedangkan, untuk kendaraan roda dua mencapai 744 unit jika dibandingkan dengan tahun lalu 388 unit atau 192 persen dan kendaraan roda empat sebanyak 299 unit atau meningkat dibanding tahun sebelumnya hanya 180 unit atau tahun ini meningkat 166 persen.

Dirinya menjelaskan, jika situasi sudah mulai terjadi kepadatan dan antrean kendaraan roda dua maupun roda empat, tentunya jadwal operasi armada pun akan disesuaikan dengan kondisi, seperti yang diperkirakan menjelang H+2 hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini dan kalaupun kepadatan dan lonjakan penumpang meningkat, maka ada penambahan trip kapal.

Selain itu, untuk jumlah penumpang, kali ini di Pelabuhan Feri Bastiong belum terjadi kenaikan secara signifikan dan kalau dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya biasanya terjadi kenaikan hingga di atas 50 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate pada H+2 lebaran Idul Fitri, penumpang yang berangkat dari Ternate ke berbagai daerah lainnya menggunakan jasa transportasi laut mencapai 22.344 orang dengan 363 kendaraan roda dua dan roda empat.

Sedangkan penumpang yang tiba di Ternate baik itu menggunakan kapal laut maupun speedboat antar-pulau mencapai 20.040 orang dengan 379 unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024