Objek wisata pemandian Air Putri, di Dusun Waiyoho, Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat saat libur Lebaran.

Salah seorang wisatawan lokal asal Piru, Seram Barat, Vanya Husen mengaku Air Putri Waiyoho telah menjadi tempat wisata favorit ia dan keluarga.

“Kita memang selalu rencanakan liburan Lebaran dengan mendatangi Air Terjun Putri Waiyoho ini. Karena airnya yang dingin dan segar juga ingin menikmati keindahan alam di sini,” kata Vanya, di Waiyoho, Seram Barat, Minggu.

Air Putri Waiyoho sendiri terletak di Dusun Waiyoho yang ke sana harus melalui hutan yang lebat. Air Putri ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang segar. Menciptakan suasana yang cocok untuk bersantai dan menikmati momen bersama keluarga dan teman-teman.

Dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sungai yang jernih, Air Terjun Putri Waiyoho menjadi tempat yang ideal untuk berpiknik, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam yang masih alami.

Dengan akses yang semakin mudah dan fasilitas yang memadai, tidak mengherankan jika Air Terjun Putri Waiyoho menjadi destinasi liburan favorit warga Maluku saat libur Lebaran.

“Saya dan keluarga ke sini karena memang aksesnya dekat. Selain itu, karena tempat pemandiannya luas dan bersih. Jadi kami betah,” ujar Vanya.

Seorang pengelola Air Putri Waiyoho, La Iwan mengatakan, setiap libur hari-hari besar memang sudah tidak kaget lagi dengan pengunjung yang padat.

“Sampai kadang parkir mobil di dalam kampung, karena tidak bisa masuk di dalam kawasan Air Putri lagi,” katanya.

Ia mengatakan pendapat dalam sehari jika dibanjiri pengunjung saat liburan begini, biasanya rata-rata mencapai 3-6 juta karena tiket masuk mobil Rp20 ribu sementara motor Rp5.000.

“Dikali saja, kalau sehari biasanya motor sampai 200-an motor. Mobil bisa 50 sampai 100 juga. Tapi kita cuma bayar uang masuk saja. Uang parkir di dalam tidak bayar lagi,” terangnya.

Iwan mengatakan wisata Air Putri ini akan selalu dipadati pengunjung hingga H+7 setelah Lebaran. “Biasanya, sih tujuh hari setelah Lebaran masih ramai sekali. Nanti setelah itu baru sedikit orang saja yang datang atau bahkan sepi,” ungkapnya.

Selain itu, salah seorang penjual makanan, Ariyati menyatakan dagangannnya selalu terjual laris manis. Ia menjual rujak, pop Mie, snack, dan minuman seperti pop ice.

“Untuk pop Mie saya jualnya dengan harga Rp. 15 ribu, rujak saya jual Rp. 10 ribu, kalau snack harganya Rp2.000 dan minuman seperti pop ice Rp5000. Semua yang paling laris rujak dan pop Mie, juga pop ice,” ucapnya.

Air Putri Waiyoho adalah objek wisata yang sudah dikenal di kalangan masyarakat Maluku. Bagi siapa yang mendatangi Seram Barat, kadang disarankan untuk mengunjungi Air Putri ini.

Air di Air Putri sedingin es ini, selalu ramai didatangi masyarakat dari berbagai kalangan dan daerah. Sekarang, pengunjung Air Putri sudah difasilitasi dengan beberapa rumah tempat berteduh dan kamar ganti.

Baca juga: Pulau Osi yang keindahannya selalu memanggil kembali

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024