Maskapai penerbangan Lion Air Grup menyatakan, tiket penerbangan dari Bandara Sultan Baabullah Ternate ke berbagai kota di Maluku Utara (Malut) habis terjual menyusul meningkatkan penumpang pada arus balik H+5 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ada tiga maskapai yakni Wings Air, Lion Air dan Batik Air untuk tiket penerbangan dari Ternate ke berbagai kota di wilayah Malut seluruhnya sejak H-3 lebaran Idul Fitri hingga saat H+5 ini, seluruh tiket telah habis terjual," kata Koordinator Pax Haldling Lion Air Cabang Ternate, Alfian Hi Logah di Ternate, Senin.

Dirinya merinci, untuk keberangkatan pesawat Wings Air dalam sehari empat kali penerbangan dan kedatangan dari Bandara Sultan Baabullah Ternate dari berbagai kabupaten di Malut hingga ke Bandara Sam Ratulangi Manado.

Begitu pula, untuk Batik Air rute Jakarta-Ternate PP, Lion Air untuk rute Makassar-Ternate PP, Jakarta-Ternate PP, Surabaya-Ternate PP dan Makassar – Ternate PP serta maskapai Super Jet Air rute Makassar – Ternate PP habis terjual.

Di samping itu, penerbangan Wings Air dari Ternate saat ini telah menjadi tujuh penerbangan sehari terdiri Ternate-Manado tiga kali sehari, dan Ternate-Labuha PP, Ternate-Morotai, Ternate-Ambon PP masing-masing satu kali penerbangan setiap hari, dengan seluruh seat sudah dibeli penumpang. Pesawat yang melayani rute Ternate-Manado PP disediakan Wings Air jenis ATR600 dengan kapasitas 72 penumpang dan ATR 72-600 dengan kapasitas 77 orang.

Dia menyebut, untuk pesawat rute Ternate ke berbagai kota seperti Makassar dan Jakarta menggunakan Lion Air Boeing 737 dan pesawat Airbus dengan 189 penumpang, penerbangan tiga kali sehari.

Untuk harga tiket Ternate-Labuha, Rp1.030.000 per orang, Ternate-Morotai Rp1.036.200 ribu per orang, Ternate-Manado Rp1.531.100, Ternate-Ambon Rp2.109.300, Ternate-Makassar Rp2.720.473, Ternate-Surabaya Rp3.940.052 dan Ternate-Jakarta Rp4.047.744.

Dirinya mengatakan, meningkatnya penumpang dari Ternate ke berbagai kabupaten di Malut saat lebaran telah habis terjual sejak bulan suci Ramadhan lalu.

Sementara itu, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sultan Baabullah Ternate, menyatakan, aktivitas penumpang arus balik di bandara pada H+5 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah terpantau padat.

Kepala Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate, Daverius Maarang di Ternate, menyatakan aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Baabullah Ternate masih terpantau sangat padat terutama untuk penumpang arus balik lebaran Idul Fitri,

UPBU Sultan Baabullah Ternate memprediksi jika di hari biasa di bawah setiap hari arus penumpang berkisar 1.100 hingga 1.200 orang, tetapi berdasarkan laporan untuk menjelang Lebaran Idul Fitri naik di atas 1.300 orang hingga 1.400 orang atau meningkat kisaran 20 hingga 30 persen.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024