Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut) menemui Kapolda Malut membahas aktivitas pengamanan pelayanan transportasi laut di provinsi itu.

"Meskipun KSOP sebelumnya hanya berfokus pada aspek pelayaran, namun kasus kecelakaan transportasi laut menjadi perhatian utama. Kami memberikan peringatan kepada penyedia layanan transportasi mengenai pentingnya keamanan dalam berlayar," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate  Rushan Muhammad di Ternate, Kamis.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kantor KSOP Kelas II Ternate mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara KSOP dengan kepolisian.

Dia menjelaskan kunjungan bertujuan untuk berkonsultasi dengan Kapolda terkait kasus kecelakaan transportasi laut yang terjadi pada  Februari 2024. 

"Kami  telah melakukan investigasi internal dan hasilnya telah disampaikan kepada pimpinan pusat, yang kemudian meminta KSOP untuk berdiskusi lebih lanjut dengan kepolisian," kata dia.

"Semoga kunjungan ini dapat memperkuat kerja sama antara KSOP dengan kepolisian dalam menjaga keamanan transportasi laut di wilayah Malut," ujarnya.

Sementara itu, menyikapi hal tersebut, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko menyambut baik kunjungan KSOP dan menegaskan kesiapan pihak kepolisian untuk membantu mencari solusi bersama dalam mengatasi masalah yang dihadapi KSOP.

Kapolda juga menyarankan agar KSOP berkoordinasi langsung dengan Dir Polairud untuk menyelesaikan perkara yang berkaitan dengan undang-undang pelayaran.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko,  didampingi Wakapolda Malut, Brigjen Pol. Samudi, dan Dir Polairud Polda Malut .


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024