Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) menggandeng manajemen RSUD Chasan Boesoerie dan Bandara Sultan Baabullah bekerja sama dalam pelaksanaan fungsi pertolongan.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman di Ternate, Jumat, mengatakan kerja sama dengan manajemen Bandara Sultan Babullah Ternate dan RSUD Chasan Boesorie Ternate Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) dan Momerandum Of Understanding (MOU) dengan Bandar Udara Sultan Babullah Ternate dan RSUD Chasan Boesorie Ternate tentang penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

Penandatanganan LOCA dan MOU tersebut dilakukan oleh Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Babullah Ternate Daverius Maarang, dan Direktur RSUD Chasan Boesorie drg. Djubaeda Drakel di Gedung Serbaguna Basarnas Ternate, Jumat.

Kegiatan ini untuk meningkatkan koordinasi, kerja sama, dan saling mendukung terhadap masing-masing tugas dan fungsi melalui kegiatan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

Baca juga: Basarnas Ternate donor 26 kantong darah

Ruang lingkup LOCA meliputi kerja sama di bidang berbagi informasi kecelakaan pesawat udara, Alerting Service, dan update data terkait operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pesawat udara.

Nota kesepahaman meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, latihan operasi pencarian dan pertolongan, pemanfaatan sumber daya, layanan kesehatan, penelitian dan pengembangan.

Turut hadir juga melalui daring Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas Didi Hamzar beserta jajarannya.

Dalam sambutan, ia menuturkan bahwa penandatanganan kerja sama ini diperlukan dalam berkomitmen untuk mendukung setiap penugasan penyelenggaraan dalam hal pencarian dan pertolongan.

Baca juga: Basarnas Ternate siap bantu evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024