Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura bersama warga melakukan aksi bersih sungai dan pantai di Teluk Ambon Kota Ambon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-67.

"Kebersihan sungai dan pantai sangat penting untuk menjaga kesehatan lingkungan dan ekosistem sekitar. Terlihat di beberapa sungai dan pantai yang ada di kota Ambon sebelum dibersihkan, nampak keruh dan kotor karena tercemar oleh sampah plastik dan limbah industri," kata Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dalam amanat yang dibacakan oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoniho Ragel Da Silva di Ambon, Kamis.

Dikatakan bahwa hal itulah yang membuat Kodam XV/Pattimura berinisiatif membantu pemerintah daerah dengan menggelar aksi pembersihan sungai dan pantai secara serentak di seluruh jajaran Kodam XV/Pattimura, baik yang di Maluku maupun Maluku Utara, dengan melibatkan sebanyak 4780 orang dari berbagai unsur.

"Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan, bersatu bersama rakyat dengan alam untuk NKRI," katanya.

"Kesadaran akan kebersihan lingkungan bukanlah hanya tanggung jawab aparat atau instansi pemerintahan saja, namun juga semua pihak," katanya lagi.

Pada kegiatan itu masyarakat yang terdiri dari aparat TNI-Polri, mahasiswa, pelajar, LSM dan instansi terkait lainnya serta warga di lokasi ikut terlibat turut andil dalam kegiatan pembersihan sungai dan pantai ini.

"Timbunan sampah yang didominasi oleh sampah plastik yang terbawa arus air saat hujan, menyebabkan lingkungan sungai dan pantai menjadi kotor, sehingga dikhawatirkan menjadi sarang penyakit," ucapnya.

Dengan menggunakan tangan kosong, alat kebersihan dan perlengkapan lainnya, seluruh peserta pembersihan sungai dan pantai membersihkan sampah, kemudian dimuat dalam kantong plastik lalu diangkut menggunakan mobil pengangkut sampah.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga berpesan untuk seluruh masyarakat yang ada di Maluku maupun Maluku Utara, agar dapat menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sungai dan laut.

Sementara itu Ketua RT 004/002 Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon Stev Tomasila mengucapkan terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodam XV/Pattimura, yang telah membantu membersihkan sungai di kawasan tempat tinggal mereka.

"Waktu hujan, karena kotor banyak sampah sehingga air tidak jalan dan banjir, tapi setelah dibersihkan sekarang air lancar dan tidak banjir lagi," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan WM. Anakotta yang saat itu juga ikut terjun langsung pada kegiatan tersebut, turut memberikan apresiasi kepada jajaran Kodam XV/Pattimura atas kegiatan positif pembersihan lingkungan ini.

"Saya mengapresiasi Kodam XV/Pattimura karena gagasan pembersihan sungai dan pantai ini, sinergitas TNI-Polri dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga lingkungan," tuturnya.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024