Materi  Cinta Bangga Paham Rupiah akan dimasukan dalam kurikulum dan diajarkan di sekolah  tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK pada  11 kabupaten dan kota  di Maluku sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa soal rupiah.

"Paling lambat Juli 2024 sudah mulai ada pelajaran tentang program Cinta Bangga Paham Rupiah kepada para siswa di Provinsi Maluku," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI)  Maluku Rawindra Ardiansah di Ambon, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu usai membuka kegiatan Training of Trainer (TOT) Petunjuk teknis Modul Ajar, Cinta Bangga Paham Rupiah diikuti  200 orang guru dari tingkat SD,SMP dan SMA/SMK.

BI Maluku bekerja sama dengan Guru Penggerak di Provinsi Maluku untuk mengajarkan  cinta bangga paham rupiah ke dalam kurikulum didik mulai dari sekolah tingkat SD sampai SMA/SMK sederajat.

"Tim penyusun sudah menyusun materi ajar kurikulum dan hari ini kita lakukan Training of Trainer (TOT),  harapannya di Juli 2024 sudah bisa dilaksanakannya pengajaran tentang Cinta Bangga Paham Rupiah kepada para siswa," kata dia

Ia menyampaikan kegiatan TOT ini  bukan yang pertama di Kota Ambon, sebelumnya sudah dilakukan di beberapa kabupaten kota lainnya.

Menurutnya, selama ini  BI Maluku juga sudah melakukan sosialisasi pada beberapa sekolah dan agar lebih optimalkan disusun dan diterapkan dalam bentuk kurikulum pada mata pelajaran.

"Jadi akan  lebih terinternalisasi masuk ke dalam perilaku dan juga pikiran dari para siswa, dibanding hanya  sosialisasi  satu sampai dua jam saja," 

Sementara Kepala Balai Guru Penggerak  Provinsi Maluku La Mansur berharap para guru  penggerak yang dilatih dapat  menggerakan guru lainnya untuk terkait kurikulum cinta, bangga, paham rupiah.

Ia berharap program ini sebab ini juga bagian dari pembentuk karakter siswa yang  punya jiwa patriotisme  dan tetap Cinta Bangga dan Paham Rupiah.

Sejalan dengan itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ambon  John Sanders mengatakan pihaknya menyambut baik penerapan kurikulum ini, dan akan terus melakukan sosialisasi agar pelaksanaan sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah  lebih optimal

Menurutnya,  dari TOT ini akan dilaksanakan  dengan pelatihan  lanjutan  oleh guru-guru penggerak kepada seluruh organisasi profesi  dan  guru-guru lain  seluruh satuan pendidikan   dari tingkat Paud sampai dengan SMA/SMK.

"Kami akan upayakan untuk menindaklanjuti hal ini  dengan  surat edaran atau peraturan wali kota agar penerapan kurikulum berjalan optimal," katanya lagi.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024