Sebanyak delapan atlet tinju asal Maluku yang dipersiapkan untuk menghadapi PON ke-21 di Medan, Sumatera Utara  berangkat menuju Thailand untuk berlatih.

"Paling lambat  awal minggu depan kita sudah berangkat, saat ini sedang mengurus paspor," kata Ketua harian Pertina Maluku Jongky Nanuleita di Ambon, Sabtu.

Menurut dia saat ini pihaknya sedang  mengurus paspor, ada  12 dokumen, sebab para petinju yang akan berangkat ke luar negeri ini terdiri atas  empat petinju putra dan empat petinju putri didampingi empat  pelatih.

Dia menjelaskan, rombongan akan berada di Thailand sampai akhir Agustus 2024 dan kembali ke Tanah Air langsung ke Medan sebagai kota pelaksanaan  PON ke-21.

"Apapun yang terjadi di PON nanti ditargetkan harus juara, apalagi ada janji bonus bagi para petinju, jadi mereka  harus  semangat untuk berlatih, lagi pula  mengingat pada PON ke- 20 yang lalu Maluku hanya menyabet satu emas  direbut oleh Yulias dan satu perak, " ujarnya.

Ia menyampaikan  petinju Maluku yang disiapkan menghadapi PON ke-21 mulai  dari 52 Kilogram sampai 70 kilogram untuk putra dan putri.

Ia berharap  kembali bisa berbicara di dunia tinju, karena itu pihaknya berupaya  membangkitkan kembali  olah raga tinju di Maluku seperti pada zaman Wem Gomis, Charles Thomas, Nicko Thomas, Herry Maitimu, Max Auti, Elias Pical, dan sejumlah petinju lainnya yang mengharumkan nama Maluku.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024