Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan tentang hujan yang masih berpotensi turun di sejumlah wilayah, termasuk kota-kota besar di Indonesia, mulai dari intensitas deras sampai dengan ringan.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG dikutip dari Jakarta, Senin, hujan lebat berpotensi turun di sejumlah lokasi di wilayah yang masuk dalam Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, dan Jawa Tengah.

Hujan lebat diprakirakan berpotensi turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

BMKG juga memperingatkan kemungkinan hujan dengan intensitas lebih ringan terjadi di wilayah Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

Secara khusus, BMKG memperingatkan hujan deras berintensitas sedang dapat terjadi di Kota Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Makassar, Kendari, dan Manado.

Hujan ringan kemungkinan turun di wilayah Kota Denpasar, Ternate, Manokwari, Mamuju, Padang, dan Palembang.

Khusus untuk wilayah Jakarta, BMKG memprediksi cuaca akan didominasi kondisi cerah berawan di seluruh wilayah dalam rentang waktu pagi dan siang, sedangkan pada malam hari ini, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan berawan.

Namun, sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat, seperti banjir, di Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Kategori waspada juga berlaku di Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG peringatkan tentang potensi hujan lebat di sejumlah wilayah

Pewarta: Prisca Triferna Violleta

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024