Pemerintah Provinsi Maluku menggencarkan upaya menekan kemiskinan dengan melakukan pertemuan Komite Program Australia Indonesia Partnership-Sinergi dan Kolaborasi Akselerasi Layanan dasar (AIP-Skala) Provinsi Maluku

“Tujuan Skala ini adalah untuk menciptakan daya ungkit percepatan pengurangan kemiskinan melalui penciptaan inovasi untuk meningkatkan ketersediaan pelayanan dasar yang berkualitas bagi masyarakat miskin dan rentan, utamanya di daerah tertinggal,” kata Pelaksana Harian Sekda Maluku Syuryadi Sabirin dalam keterangan diterima di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan implementasi Program Skala di Provinsi Maluku telah berlangsung sejak Juli 2023 sampai dengan saat ini.

“Kita susun rencana kerja tahunan program skala dari Juli 2023 sampai Mei 2024, berbagai dukungan teknis melalui pelaksanaan kegiatan telah difasilitasi pada area pengelolaan ruang publik, perencanaan penerapan standar pelayanan minimal, perbaikan tata kelola data analisis, perbaikan regulasi terhadap peran dan partisipasi yang fokus terhadap perbaikan untuk pemenuhan layanan dasar, serta pengarusutamaan disabilitas sosial inklusi,” katanya.

Pertemuan Komite Program Australia Indonesia Partnership-Sinergi dan Kolaborasi Akselerasi Layanan dasar (AIP-Skala) di Ambon Maluku. (ANTARA/Dedy Azis)

Ia menjelaskan seluruh implementasi program tersebut dilakukan penyelarasan dengan prioritas pembangunan Provinsi Maluku, sedangkan Skala juga menunjang berbagai program tersebut.

“Kita yakin dan percaya dengan bantuan pemerintah pusat (Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Bappenas), bisa memberikan masukan agar program ini berjalan sebagaimana yang diharapkan dan mencapai tujuan dan sasaran yang kita inginkan bersama,” kata dia.

Sabirin mengatakan rapat kali ini juga untuk mendapatkan laporan pencapaian dan prioritas semester kedua periode Januari-Juni 2024.

“Dalam jangka satu tahun Pemerintah Provinsi Maluku sudah merasakan kerja sama ini sangat bermanfaat, yang mana Pemerintah Provinsi Maluku juga turut terlibat dalam perencanaan, evaluasi sampai monitoring,” katanya.

Dalam menjalankan kerja sama, kata Sabiri, dipastikan keselarasan dan sinergi program Skala dengan program pembangunan lainnya.

“Pemerintah provinsi akan tetap mendukung penuh implementasi program Skala dengan mengedepankan koordinasi, kolaborasi, dan sinkronisasi, arah kebijakan pembangunan daerah dalam bentuk program dan kegiatan yang selaras dengan rencana kerja program Skala guna mewujudkan Provinsi Maluku yang lebih baik lagi ke depan, melalui pemenuhan pelayanan dasar yang lebih baik, berkualitas, dan inklusif,” ujarnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024