Universitas Terbuka (UT) Ambon mengupayakan perluasan pendidikan perguruan tinggi negeri ke seluruh wilayah Maluku melalui fleksibilitas sistem perkuliahan yang digagas kampus tersebut.

“Sistem perkuliahan kami yakni terbuka dan jarak jauh, artinya siapapun yang memiliki ijazah SMA sederajat bisa menjadi mahasiswa UT,” kata Direktur Universitas Terbuka Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon, Maluku, Jumat.

Yuli menjelaskan bahwa sistem perkuliahan jarak jauh maksudnya pembelajaran dijembatani dengan penggunaan media atau teknologi informasi dan komunikasi serta menekankan pada kemandirian belajar mahasiswa dengan atau tanpa bantuan belajar.

“Wilayah kerja Universitas Terbuka tersebar di 11 kabupaten dan kota di Maluku yakni Ambon, Banda, Saparua, Namrole, Namlea, Luhu, Saparua, Piru, Amahai, Masohi, Wahai, Bula, Tual, Langgur, Dobo, Larat, Saumlaki, Tepa, Tiakur, Kisar,” tuturnya.

Pihaknya pun secara rutin melakukan pengecekan jaringan internet ketika bertandang ke darah-daerah pelosok di Maluku. Tak hanya itu dirinya juga menggencarkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait termasuk penyedia layanan internet agar dapat bersama-sama memajukan pendidikan di Maluku

“Biasanya mahasiswa kami tahu mereka harus pergi ke mana saat tidak ada jaringan internet, kami mengupayakan yang terbaik untuk mahasiswa kami,” kata dia.

Ia mengatakan, dengan banyaknya kelompok belajar pada 11 kabupaten dan kota di Maluku tersebut Universitas Terbuka Ambon terus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat Maluku,

Selain itu menurutnya pendidikan inklusif menjadi kepedulian utama UT untuk masyarakat Maluku. Biaya yang tergolong murah tetapi kualitas pendidikan tidak murahan karena UT menerapkan standar mutu tinggi.

“Semua program studi baik di jenjang diploma, sarjana, magister hingga doktoral terakreditasi BAN-PT yakni akreditasi A maupun B. Bahkan ada empat Prodi di UT yang sudah terakreditasi internasional yaitu S1 manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan, dan ilmu hukum,” ungkapnya.

Saat ini juga UT telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program sarjana dan diploma hingga tanggal 7 Agustus 2024. Terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas seperti fakultas ekonomi dan bisnis (FEB), fakultas hukum, ilmu sosial dan ilmu politik (FHISIP), fakultas sains dan teknologi (FST), serta fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP).

“Pendaftaran calon mahasiswa bisa melalui laman ambon.ut.ac.id ataupun laman sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon,” katanya.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024