Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, pencarian terhadap korban terseret banjir di Oba, Kota Tidore Kepulauan bernama Ince Rumube (60 tahun) berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman di Ternate, Kamis, menjelaskan, sekitar pukul 11.30 WIT, Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan korban tepatnya di depan Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan dalam kondisi meninggal dunia.

Selanjutnya korban dievakuasi ke atas RIB 04 dan dibawa menuju ke Pelabuhan Gita. Pukul 11.45 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di Dermaga Desa Gita, Kecamatan Oba.

Selanjutnya korban dibawa menuju ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Seperti diberitakan sebelumnya kejadian pada tanggal 11 Juni 2024 Sekitar Pukul 16.00 WIT, warga melaporkan melihat korban ibu Ince terseret arus banjir di sungai Desa Gita Raja menuju ke laut ,upaya yang  telah dilakukan pencarian di sungai oleh masyarakat setempat sampai saat itu belum ditemukan dan dilaporkan ke Basarnas Ternate untuk bantuan SAR.

Fathur Rahman mengatakan, sebelumnya, Tim Rescue Kansar Ternate bergerak menuju LKP menggunakan RIB 04 untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan terhadap korban seorang perempuan diketahui bernama Ince Rumube (60 tahun).

Dia menyebut, Kronologis kejadian pada tanggal 11 Juni 2024 Sekitar Pukul 16.00 WIT, warga melaporkan melihat korban Ince warga Desa Gita Raja terseret arus banjir di sungai Desa Gita Raja menuju ke laut.

Sehingga, upaya yang dilakukan telah dilakukan pencarian di sungai oleh masyarakat setempat sampai saat ini belum ditemukan dan dilaporkan ke Basarnas Ternate untuk bantuan SAR.

Sedangkan, jarak dari posisi terlihat korban tenggelam ke arah laut sekitar 500 meter dan hari ini berhasil ditemukan.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024