Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menyerahkan sebanyak 25 hewan kurban yang  akan didistribusikan kepada masyarakat di wilayah Kei Besar dan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada Iduladha 1445 Hijriah.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Malra Jasmono dan Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Malra Nicodemus Ubro kepada ktiga orang perwakilan penerima, di Kantor Bupati Malra, Jumat.

Pj Bupati Jasmono dalan sambutanya menyampaikan, hari raya lduladha identik dengan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban dengan maksud agar setiap umat muslim dapat merasakan kegembiraan di hari raya dengan saling berbagi.

"Momen Iduladha ini dapat memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang kita miliki bukan mutlak milik kita, melainkan hanya titipan dari Allah SWT yang di dalamnya terdapat hak orang lain,"imbuhnya.

Jasmono mengatakan,ibadah kurban merupakan salah satu ibadah penting dalam ajaran Islam. Ajaran kurban dan praktiknya telah ditunjukkan oleh para nabi dan rasul hingga Nabi Muhammad SAW. 

Nabi Ibrahim Alaihi Salam (SA) dikenal sebagai peletak batu pertama ibadah penyembelihan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS terhadap putranya Nabi Isma’il AS merupakan dasar bagi adanya ibadah kurban.

"Melalui momentum berkurban ini mampu menjadi salah satu upaya, untuk menghilangkan jurang pemisah antara yang mampu dan tidak mampu agar bisa hidup berdampingan saling tolong menolong dengan penuh kedamaian,"ujarnya.

Jasmono harapkan, dengan adanya penyerahan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian sosial dan tanggung jawab terhadap masyarakat, sehingga tercipta hubungan baik, dapat menciptakan harmonisasi antara Pemerintah dan masyarakat. 

“Saya juga berharap dan mengimbau, agar instansi, dinas, perusahaan yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara  turut ikut berperan, berkontribusi, dan mengambil bagian dalam pelaksanaan hari raya kurban tahun ini,”imbuhnya.

"Saya berpesan kepada semua terkhusus Panitia kurban, daging kurban nantinya dapat dibagikan kepada pihak yang berhak menerimanya, utamakan para kaum dhuafa atau Fakir Miskin,"ungkap Jasmono. (DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024