Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan Peminatan Anak, Jiwa, Komunitas, Onkologi dan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bertajuk “Edukasi Anti-Bullying melalui Virtual Reality untuk meningkatkan Kesadaran dan Kontrol Emosi pada Anak Sekolah" di Wilayah Depok, Jawa Barat. 


Kegiatan ini diadakan di SMP Negeri 8 Depok, Komplek PT Timah Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Tim Pengabdian Masyarakat telah melakukan persiapan dan pematangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada  19 Juni 2024 bersama dengan 30 siswa SMPN 8 Depok yang telah dipilih oleh guru.

Tim Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari ketua pengusul Dr Sigit Mulyono  yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia..

Mahasiswa yang terlibat dalam diskusi persiapan pengmas ini terdiri dari Ns. Afifah Ayu Syaiful, S.Kep., M.Kep, Ns. Tissa Aulia Putri, S.Kep., Ns. Muhammad Ferly Aditya, S.Kep., Ns. Mulyati, S.Kep., Ns. Dewi Atika Sari, S.Kep., Ns. V.E. Salvera Arnoldy, S.Kep., Ns. Devy Novita Cahyaningrum, S.Kep., Ns. Purnomo, S.Kep., Ns. Linda Mandasari, S.Kep., Ns. Nada Az-Zahrah, S.Kep., Ns. Suhaiba, S.Kep., dan Ns. Odis Runesi, S.Kep., yang terdiri dari Peminatan Keperawatan Anak, Jiwa, Komunitas, Onkologi dan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia yang hari ini telah melakukan koordinasi persiapan. Minanti Cyndiko, S.T. selaku tim PeriXa Batin yang juga terlibat aktif dalam proses diskusi. Kegiatan pengmas ini didukung oleh Medi-medi, PeriXa Batin, dan Nursing Training Center FIK UI.

Kegiatan diskusi bertempat di Kode Creative Hub Margonda dengan membahas koordinasi yang akan dilakukan di SMP N 8 Depok. Kegiatan pengmas akan dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Kepala  SMP N 8 Kota Depok dan pengantar pengmas disampaikan oleh Dr Sigit Mulyono sebagai ketua tim pengusul. 

Selanjutnya, presentasi edukasi anti-bullying dilanjutkan sesi tanya jawab. Pengisian kuesioner sebelum sesi terapi dipandu oleh PJ acara. Sesi terapi kegiatan pengmas nantinya menggunakan alat virtual reality oculus sejumlah 3 dengan tipe quest 2 dan quest 3. Visual yang muncul dalam oculus akan diputar selama kurang lebih 5-10 menit untuk setiap siswa terbagi dalam 2 sesi. Selama menunggu, siswa/i akan diberi kegiatan ice breaking dan pembagian snack.


Setelah sesi terapi secara self-hypnosis dengan XR siswi diminta untuk mengisi kuesioner sesudah penggunaan dengan pendampingan PJ virtual reality bersama dengan tim PeriXa Batin. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan kembali siswa/i dalam ruangan bersama. Evaluasi terapi akan dipandu oleh pembawa acara yang menanyakan pengalaman siswa selama menggunakan alat XR. 

Sebelum acara ditutup, tim pengmas memberikan kenang-kenangan kepada pihak sekolah dan seremonial penutup. Rangkaian kegiatan pengmas ditutup dengan foto bersama seluruh siswa/i SMP N 8 Depok, para guru dan seluruh tim pengmas. koordinasi selesai tepat pukul 17.00 WIB. Semoga acara pengabdian Masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi siswa serta berdampak positif kedepannya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024