Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura memastikan bahwa proses pemilihan calon taruna pada sidang pantukhir berlangsung jujur dan adil.

"Dalam memilih calon terbaik, kita harus berorientasi pada kepentingan organisasi. Kemampuan awal yang kita dapatkan hendaknya menjadi prioritas utama untuk menentukan pilihan calon yang tepat," kata Pangdam XV Pattimura Mayjend TNI Syafrial dalam keterangan yang diterima di Ambon Jumat.

Hal itu dikatakannya saat memimpin sidang pantukhir tingkat daerah penerimaan calon taruna akademi TNI tahun 2024 oleh panitia seleksi integratif daerah Ambon.

Dalam pelaksanaan pantukhir ini, diikuti sebanyak 33 peserta, terdiri dari calon taruna Angkatan Darat, calon taruna Angkatan Laut dan calon taruna Angkatan Udara.

Pangdam mengatakan pemilihan jujur dan adil tersebut harus diutamakan sehingga dapat tercipta kualitas SDM yang profesional dan unggul untuk kemajuan TNI di masa depan.

Pangdam juga menegaskan, pentingnya melakukan seleksi calon dengan baik, cermat, dan teliti, serta memilih mereka yang memenuhi syarat dan layak menjadi taruna sesuai ketentuan yang berlaku.

"Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memastikan kelancaran seluruh rangkaian seleksi hingga tahap Sidang Pantukhir ini," katanya.

Untuk itu, calon yang terpilih pun diharapkan memiliki potensi terbaik, karakter kuat, kepribadian baik, dan kesamaptaan jasmani yang prima.

"Oleh karena itu proses pemilihan calon, harus dilakukan dengan jujur dan adil untuk mendapatkan calon Taruna berkualitas, yang akan menjadi perwira di satuan-satuan TNI pada masa yang akan datang. Cari bakat, keahlian, dan kemampuan lain yang dapat menjadi kelebihan calon dan bermanfaat bagi kemajuan organisasi TNI ke depan," tegas Pangdam.

Selain itu juga, Pangdam menekankan, untuk mengikuti norma dan aturan yang berlaku dalam melakukan seleksi calon taruna secara selektif dan objektif, dan menghindari pelanggaran terhadap prosedur rekrutmen.

Sidang Pantukhir dihadiri Danlantamal X Ambon, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina selaku Wakil Ketua I, Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang M.Han selaku Wakil Ketua II.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024