Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memaparkan capaian implementasi program menuju kota cerdas, pada evaluasi program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I.

"Kegiatan evaluasi tersebut menindaklanjuti hasil evaluasi implementasi program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023, dimana Kota Ambon masuk dalam 241 kota/kabupaten yang terpilih, " kata  Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon, Ronald H Lekransy.  di Ambon, Rabu.

Menurut dia, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan sejumlah kementerian melaksanakan evaluasi implementasi program Kota Cerdas Tahap I, yang ditujukan untuk menindaklanjuti capaian hasil rekomendasi dari tim asesor  kepada 241 kota/kabupaten yang terpilih pada periode 2017-2023, termasuk Kota Ambon.

Ia menyatakan, kehadiran Kota Ambon dalam evaluasi implementasi program kota cerdas sesuai petunjuk Penjabat Wali Kota Ambon , Dominggus N Kaya, yang mengharapkan seluruh Pimpinan OPD, dan tim mengikuti kegiatan dimaksud.

Kota Ambon mengikuti evaluasi secara luring, dan secara daring melibatkan para pimpinan OPD dan staf sekaligus sebagai tim pelaksana smart city, dewan smart city, tim penyusunan master plan smart city 2025-2029, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM), dan direktur Ambon Music Office.

Ronald  berharap Ambon semakin siap untuk masuk tahap penilaian selanjutnya .

“Semoga menghasilkan indeks smart city Kota Ambon yang masuk dalam indikator arah pembangun transformasi digital dan arah kebijakan peningkatan utilisasi dan pemanfaatan TIK pada sektor prioritas dalam RPJPD 2025-2045 Kota Ambon," ujarnya.

Evaluasi tahap I, sifatnya mendengarkan secara langsung implementasi program Kota Ambon menuju kota cerdas, selanjutnya berkenan mendapatkan pembobotan dari para asesor, sehingga daerah semakin siap dalam penilaian tahap selanjutnya.  

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024