Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku memberikan penguatan kapasitas kepada sebanyak 354 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sambut pemilihan kepala daerah (Pilkada)  2024. 

“Ini penting sehingga tugas dan tanggungjawab pengawasan Panwascam di lapangan pada Pilkada November 2024 dapat lebih maksimal," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi Maluku Stevin Melay, di Ambon, Senin. 

Penguatan kapasitas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) akan diikuti Panwscam selama lima hari terhitung sejak 2-6 Juli 2024. 

Stevin mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu pada Pemilu 14 Februari 2024, masih ditemukan beberapa hal yang harus diperbaiki atau ditingkatkan. 

Menurutnya, ratusan panwascam yang akan dibekali Bimtek ini terhitung secara keseluruhan di 11 kabupaten/kota se-Maluku. 

"Selain Panwascam, Bimtek ini juga akan diikuti 33 ketua, anggota dan staf Bawaslu dari 11 kabupaten/kota di Maluku," ujarnya. 

Stevin mengaku, kegiatan Bimtek akan menghadirkan pembawa materi yang berkompeten. Dua di antaranya didatangkan dari pusat, lima anggota Bawaslu Maluku dan empat mantan Ketua Bawaslu Maluku. “Yang dari pusat itu tenaga ahli SDM Bawaslu RI dan Direktur Sindikat Pemilu dan Demokrasi," ucapnya. 

Ia berharap, dari Bimtek yang nantinya dilakukan, ratusan Panwascam bisa lebih maksimal dalam hal pengawasan tahapan dan pelaksanaan Pilkada mendatang.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024