Ambon (Antara Maluku) - Klinik mata yang dibangun atas kerja sama Pemerintah Kota Ambon dan Vlissingen, Belanda, akan diresmikan pada 6 November 2013, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Treesye Tory.

"Pembangunan klinik mata sudah rampung tetapi fasilitas pendukung seperti lahan parkir, pagar serta guest house masih dalam tahap pembangunan. Direncanakan akan diresmikan 6 November 2013," katanya di Ambon, Kamis.

Menurut dia, bangunan klinik yang telah dibangun meliputi kamar operasi, kamar pemulihan, ruang tunggu dan ruang periksa dokter.

"Saat ini kami telah membangun ruang pelayanan, tahap selanjutnya akan dibangun ruang perawatan dan `guest house untuk memudahkan pasien ketika selesai melakuka pelayanan di klinik`," katanya

Treesye mengatakan,peralatan medis yang menunjang perawatan maupun operasi di klinik mata merupakan bantuan Vlissingen, pihaknya hanya menyiapkan bangunan dan fasilitas nonmedis.

"Dalam waktu dekat tim Vlissingen akan mengirimkan peralatan penunjang, serta tenaga medis untuk mengoperasikan klinik mata tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menyiapkan tenaga medis untuk ditempatkan di klinik mata yakni tenaga dokter maupun perawat.

"Kami sudah siapkan tenaga dokter yang saat ini masih melanjutkan studi untuk ditempatkan di klinik mata dan dalam waktu dekat tenaga medis itu akan dikirim magang di beberapa rumah sakit di Kota Bandung," ujarnya.

Tim Vlissingen, lanjutnya, juga telah melakukan tinjauan proses pembangunan klinik serta mengecek peralatan yang dibutuhkan.

"Hal pokok yang dibahas yakni rencana pembiayaan dan kebutuhan alat medis yang dibutuhkan klinik," ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran klinik mata diharapkan dapat menolong warga Ambon dan sekitarnya yang mengalami gangguan kesehatan mata.

"Klinik ini bukan hanya untuk penyakit katarak tetapi untuk penyakit mata lainnya. Kami akan mengirimkan dokter dan tim manajemen untuk mengatur klinik, kami yakin program ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013