Ambon (Antara Maluku) - DPRD Kota Tual memberi apresiasi untuk pelantikan Saut Situmorang menjadi Penjabat Gubernur Maluku di Jakarta 23 Oktober 2013 karena mendorong percepatan pelantikan Wali Kota - Wakil Wali Kota (Wawalkot) setempat yang sedianya 7 Oktober lalu.

"Kami mengapresiasi Dirjen PUM Kemendagri dilantik Mendagri Gamawan Fauzi karena pastinya ditindaklanjuti dengan pelantikan Wali Kota dan Wawalkot Tual periode 2013 - 2018," kata Ketua DPRD Kota Tual, Marthen Waremra, dikonfirmasi, Selasa.

Ia yang telah berada di Jakarta untuk menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Maluku itu memandang perlu memanfaatkan momentum tersebut untuk membicarakan pelantikan Wali Kota dan Wawalkot Tual.

"Kami akan mendorong agar pelantikan Wali Kota - Wawalkot dilaksanakan pekan depan," ujarnya.

Dia memaklumi bahwa aktivitas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial di Kota Tual tidak mandek karena bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan M.M. Thamher dan Adam Rahayaan pada 7 Oktober 2013 tugas Bupati dilaksanakan Sekda setempat.

"Dengan pelantikan Wali Kota - Wawalkot, maka mekanisme pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial lebih optimal," tegas Marthen.

Presiden menunjuk Saut menjadi Penjabat Gubernur Maluku karena Karel Albert Ralahalu dan Said Assagaff selesai masa bakhti Gubernur - Wagub Maluku pada 15 September 2013.

Kepala Negara juga mempertimbangkan Pilkada Maluku pada 11 Juni 2013 untuk memilih Gubernur - Wagub periode 2013 - 2018 tergantung keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan, menyusul di Jakarta pada 17 Oktober 2013, menindaklanjuti KPU melaporkan hasil pemilihan suara ulang (PSU) di Kabupaten Serm Bagian Timur 11 September 2013.

Karena itu, Karel Albert Ralahalu menyerahkan memori jabatan kepada Ros Far - Far di Ambon pada 16 September 2013.

Ros merupakan Sekda Maluku yang ditunjuk Mendagri Gamawan Fauzi sebagai Plh Gubernur Maluku dengan SK No.121.81/6242/FG/2013 tertanggal 12 September 2013.

Dengan demikian, kehadiran Plt Gubernur Maluku juga mendorong percepatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara periode 2013 - 2018 yang jadwalnya pada 8 Oktober 2013.

Plt Gubernur Maluku juga mendorong Kemendagri memutuskan Penjabat Bupati Kepulauan Aru yang saat ini Sekda setempat, A.A.Gainau melaksanakan tugas Bupati.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013