Ambon (Antara Maluku) - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menargetkan perolehan satu fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Maluku dan 11 kabupaten/kota pada Pemilu Legislatif 2014.

"Partai Gerindra harus mampu meraih kursi maksimal saat Pileg 2014 agar target satu fraksi penuh di DPRD kabupaten dan kota, provinsi Maluku serta satu kursi DPR RI daerah pemilihan Maluku dapat terwujud," kata Ketua DPD Partai Gerindra Maluku, Hendrik Lewerissa, di Ambon, Rabu.

Menurut dia, target tersebut harus tercapai karena sukses di Pileg 2014 menjadi peta jalan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Kesuksesan ini penting untuk dipahami keluarga besar Gerindra, bahwa sukses legislatif akan menjadi penentu sukses Pilpres, karena Gerindra harus lolos "Parliamentary Threshold dan Presidential Threshold" agar kita dapat mencalonkan Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2014," ujarnya.

Hendrik mengatakan, hasil Pileg 2008, partai Gerindra hanya memiliki satu kursi di DPRD provinsi Maluku dan delapan kursi di 11 kabupaten dan kota.

"Realita ini tidak boleh menjadikan semangat juang kita kendor dan ragu-ragu menghadapi Pileg dan Pilpres, tetapi menjadi pemacu bagi para kader dan keluarga besar Gerindra," katanya.

Ia mengakui, Gerindra merupakan partai politik yang baru berusia lima tahun, tetapi telah bertumbuh menjadi suatu kekuatan politik yang diperhitungkan.

Jika pada Pileg 2008, lanjutnya, di tingkat nasional, Gerindra telah berhasil menempatkan 26 kader terbaik sebagai anggota DPR RI dan menduduki urutan ke sembilan partai yang lolos "Parlimentary Treshold".

"Sebagai kader kita harus bangga bahwa dalam pentas politik nasional, kita telah melesat jauh ke atas dan berhasil ditempatkan sebagai parpol yang diprediksi akan menempati urutan terbesar ketiga di tanah air setelah PDIP dan Partai Golkar," katanya.

Hendrik menambahkan, partai peserta Pileg 2014 tentu telah mengambil langkah strategis untuk meraih kursi sebanyak mungkin, melalui pemasaran politik untuk pencitraan partai maupun para caleg.

"Kader Gerindra tidak boleh gentar menghadapi pertarungan ini, setiap kader juga harus menabuh genderang perang agar gaungnya terdengar guna pemasaran politik maupun pencitraan partai dan caleg agar target kita mencapai satu fraksi di DPRD dan kursi di DPR RI terwujud," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013