Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara  memberikan bantuan sarana usaha kepada  228 pelaku UKM di kota itu senilai Rp1,7 miliar guna meningkatkan kualitas produk sehingga dapat  mengembangkan ekonomi masyarakat setempat.

"Saya berharap peralatan bantuan sarana usaha yang dibagikan ini dapat meningkatkan motivasi kerja, sehingga produktivitas dan daya saing produk-produk UMKM, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Wali Kota Tikep Ali Ibrahim dihubungi di Ternate Minggu.

Dirinya berharap agar sarana usaha yang diberikan ke ratusan pelaku usaha ini dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Dengan demikian dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Jangan memindahtangankan serta menjual peralatan tersebut kepada pihak lain tanpa sepengetahuan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM," katanya

Pemkot  berharap semoga bantuan sarana usaha yang diberikan dapat bermanfaat dengan baik kepada seluruh pelaku UMKM yang menerimanya

Dirinya menyebut, bantuan bagi pelaku usaha di Kota Tikep ini  bersumber dari APBD melekat pada Dinas Perindagkop dan UKM. Bantuan yang terdiri dari 10 paket pengadaan senilai Rp 1,7 miliar  diserahkan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Capt Ali Ibrahim di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu.

Sedangkan, Plt Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Selvia M Nur menyampaikan  tujuan dari program ini adalah memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan kemampuan UMKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

"Dengan demikian  UMKM dapat naik kelas, serta mewujudkan struktur perekonomian yang seimbang, berkembang dan berkeadilan," ujarnya.

"Untuk jumlah pelaku usaha mikro dan kecil yang akan menerima bantuan sebanyak 228 orang, terdiri dari 62 UKM pertukangan, 1 UKM jasa perbengkelan, 28 pedagang ikan berupa cool box 220 liter, 26 payung tenda untuk pedagang musiman, 24 tenda untuk UKM/pedagang kue," katanya.

Lalu  bantuan berupa satu mesin giling daging untuk pedagang bakso, 2 komputer untuk IKM rumah produksi VCO, 3 mesin pengupas, pengiris dan penggoreng bawang untuk IKM bawang goreng, 10 UMK jasa katering, 18 UMK aneka kripik kemasan dalam bentuk mesin parut singkong, 58 mesin roti 3,5 dan 15 liter untuk pelaku IKM pembuat roti.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024