Satgas Preemtif Subsatgas Binmas Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan sambang pada komunitas supir angkot Gamalama, Ternate dalam rangka operasi cipta kondisi menjelang Pilkada tahun 2024.

Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko di Ternate, Jumat, mengatakan, kegiatan ini memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para supir angkot mengenai pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pilkada.

Sehingga, dirinya menekankan bahwa peran serta komunitas angkot sangat penting dalam membantu pihak kepolisian menciptakan lingkungan yang kondusif.

Selain itu, mereka memberikan pemahaman mengenai bahaya penyakit masyarakat, seperti narkoba, minuman keras, dan tindakan kriminal lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan edukasi, tetapi juga sebagai upaya membangun hubungan baik antara aparat kepolisian dan masyarakat.

Dengan komunikasi yang baik, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif dalam melaporkan setiap kejadian yang dapat mengganggu ketertiban umum, serta menciptakan lingkungan yang aman selama Pilkada berlangsung.

Di samping itu, Polda Malut juga menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Kie Raha 2024-2025 dipusatkan Aula Banau, Universitas Khairun, Kota Ternate untuk mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024,

Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko di Ternate, Jumat, menekankan pentingnya kesiapan dan keterampilan personel dalam menghadapi tahapan Pilkada 2024-2025.

Menurutnya, Latpraops ini merupakan langkah krusial untuk menyamakan persepsi dan pola pikir semua pihak yang terlibat dalam pengamanan.

Kapolda menjelaskan bahwa tema dari latihan ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel dalam rangka pengamanan pilkada serentak tahun 2024 di Provinsi Malut.

Dia menegaskan bahwa persiapan ini bertujuan untuk menetapkan strategi dan kebijakan yang sesuai dengan karakteristik wilayah serta indeks kerawanan pemilu (IKP).

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024