Ambon (Antara Maluku) - Ribuan warga Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) secara spontan menyambut kepulangan calon gubernur (Cagub) Abdullah Vanath ke kampung halamannya untuk melaksanakan ibadah syukuran.

"Proses penghitungan surat suara pilkada putaran kedua masih berlangsung dan belum final, kalah atau menang bukan masalah dan melaksanakan sujud syukur di kampung halaman adalah sebuah kewajiban," kata Abdullah Vanath yang dihubungi dari Ambon, Senin.

Tapi di luar dugaan, ribuan warga Kecamatan Werinama menyambut kedatangan Cagub nomor urut tiga ini dengan ratusan perahu sampan, perahu karet, hingga perahu belang dengan menggunakan tifa dan totobuang dan rebana.

Sebelum melakukan ritual doa syukuran yang dipimpin Imam Masjid setempat, Haji Muhammad Vot dan berlangsung di rumah Raja Werinama, ribuan warga melakukan arak-arakan sambil membawa Abdullah Vanath dari pelabuhan menuju kampubg halamannya yang berjarak empat kilometer.

Menurut Abdullah, selama menjabat Bupati Seram Bagian Timur sdua periode, tidak pernah mendapat sambutan semeriah ini.

Saat pencoblosan berlangsung tanggal 14 Desember 2014, Abdullah Vanath bersama istri dan rombongan berangkat ke Bandanaira, Kabupaten Maluku Tengah menggunakan kapal laut untuk melakukan pencbolosan di sana.

Namun pihak kecamatan bersama PPK setempat menolak kehadirannya pada salah satu TPS di Kota Banda karena meragukan surat keterangan pindah untuk mencoblos di daerah lain.

Akibatnya, Cagub Abdullah Vanath bersama istri dan rombongan tidak dapat menggunakan hak pilih mereka pada pilkada putaran kedua, namun kehadirannya di Pulau Banda telah menarik simpatik warga yang awalnya secara mayoritas mendukung kandidat lain karena berasal dari daerah itu.

Sementara data perolehan suara yang dihimpun dari sekretariat tim koalisi pemenangan pasangan cagub-cawagub Abdullah Vanath-Marthin Jonas Masspaitella (DAMAI) sampai Minggu (15/12) malam, pasangan nomor urut tiga ini sudah mengumpulkan 248.913 suara (51,47 persen).

Sedangkan pasangan cagub-cawagub nomor urut lima, Said Assagaff-Zeth Sahubrua (SETIA) meraih 234.708 suara (48,53 persen), dimana data kedua kandidat ini diperoleh dari hasil penghitungan formulir C-1 KWK.

Pasangan SETIA dan DAMAI masuk pilkada putaran kedua pascaputusan Mahkamah Konstitusi 14 Nopember 2013 lalu yang menetapkan mereka sebagai peraih suara terbanyak pertama dan kedua pada pilkada putaran pertama dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten SBT.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013