Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI memaksimalkan promosi pariwisata di Banda Naira Maluku melalui Program Bakti BUMN menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI Tahun 2024

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran BUMN sebagai agen pembangunan melalui berbagai kolaborasi BUMN, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN yang melibatkan Kementerian BUMN/BUMN group," kata Kepala Cabang Jasa Raharja Maluku sekaligus Koordinator PIC Bakti BUMN di Banda Neira Maluku, Herman Haurissa saat dihubungi dari Ambon, Jumat.

Ia mengungkapkan bahwa untuk Banda Naira sendiri, ada 10 relawan Bakti BUMN yang mengikuti kegiatan ini. Mereka telah melalui tahap seleksi dari 293 peminat yang mendaftarkan dirinya.

TJSL di Banda Naira berfokus pada tiga aspek yakni pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui pelatihan digitalisasi dan promosi kemudian peningkatan kesehatan dengan melakukan penyuluhan stunting dan edukasi tentang makanan bergizi.

"Serta bakti lingkungan di Banda Naira, kali ini kami melakukan penanaman durian montong dan aksi bersih pantai di depan istana mini diikuti dengan pelatihan membuat tempat sampah murah," ucapnya.

Tim Bakti BUMN membuat tempat sampah murah (Antara/HO-Koordinator PIC)

Tak hanya itu, kegiatan Bakti BUMN di Banda Naira juga menyasar sekolah-sekolah dengan melakukan bimbingan belajar kepada siswa.

Haurissa menuturkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut selain untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Banda Naira juga untuk membantu masyarakat setempat mempromosikan pariwisata Banda Naira di tingkat Nasional dan Internasional sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maluku.

Ia melanjutkan bahwa program ini menjadi program implementasi AKHLAK dan merupakan bagian dari pengembangan pegawai yang nantinya dapat menjadi bagian evaluasi penilaian kinerja pegawai dengan mengakomodir kebijakan dan ketentuan yang berlaku.

"Kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan tingkat keterlibatan pegawai Kementerian BUMN/BUMN group terhadap Kementerian BUMN dan BUMN melalui keterlibatan langsung pegawainya dalam berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN," tuturnya.

 

 

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024