Pemerintah Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 berlangsung di lapangan sepak bola Wakatran Desa/Ohoi Depur pada Sabtu.


Camat Kecamatan Kei Besar  Titus Betaubun bertindak selaku inspektur upacara. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Raja Me Umvit Nus Rahayaan. Komandan upacara dipimpin Sersan Kepala (Serka) Starif N Tuarita Anggota Koramil 1503/Malra. 

Komandan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dipimpin Mohamad Safaruddin Suat , outra dari Almarhum, Masora Baranyanan, sementara pembawa baki  bendera atas nama Inda Cantika Tuarita,  Putri dari Serka Syarif N. Tuarita. 

Pengibaran bendera dilaksanakan oleh Paskibra beranggotakan 10 orang  direkrut dari SMA Negeri 1 Maluku Tenggara dan SLTA di wilayah tersebut. 

Upacara peringatan detik-detik proklamasi dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Toko Agama, Adat, para Kepala dan Penjabat Kepala Desa/Ohoi bersama perangkat Ohoi. Dewan Guru dan siswa SD, dan SLTA, Linmas, dan  ratusan warga.

Camat Kei Besar Titus Betaubun  mengatakan, suksesnya  peringatan HUT RI Ke-79, tidak terlepas dari peran panitia pelaksana yang telah dibentuk beberapa bulan lalu. 

Menurutnya peringatan HUT Kemerdekaan yang diperingati setiap tahun agar dimaknai oleh setiap anak bangsa sebagai penyemangat  perjuangan para pahlawan yang rela berkorban nyawa darah dan harta demi memperjuangkan kemerdekaan  Indonesia.

"Peringatan 17 Agustus ini bukan sekadar seremonial, tetapi juga momen refleksi untuk kita semua. Mari kita jadikan kemerdekaan ini sebagai pendorong untuk lebih solid dan berkolaborasi dalam membangun Kei Besar yang lebih maju," ujarnya.

Betaubun    menekankan pentingnya memaknai hari kemerdekaan sebagai momentum  memperkuat persatuan dan kerja sama antarwarga. 

 Selain upacara, ada beberapa kegiatan mata lomba yang diselenggarakan guna memeriahkan HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan di Kecamatan Kei Besar.

"Tujuannya  agar masyarakat dapat berbaur sehingga semangat persatuan dan persaudaraan sesama warga dari 37 Ohoi/Desa di Kecamatan Kei Besar, terus terjalin hubungan silaturahmi antara sesama masyarakat.  Dengan semangat Kemerdekaan, kita tingkatkan sinergisitas dan kekompakan untuk menuju Kecamatan Kei Besar yang lebih baik,"ujar Betaubun.

Camat Betaubun mengapresiasi berbagai pihak, atas situasi keamanan dan ketertiban di wilayah yang dipimpinnya tetap aman dan kondusif, sehingga berbagai kegiatan dapat berjalan dengan baik aman dan lancar.

"Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam berbagai kegiatan. Terutama kondisi keamanan yang kondusif. Hal ini menjadi pengingat bahwa semangat persatuan dan kesatuan dari 37 Ohoi harus terus dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari demi mewujudkan cita-cita Indonesia dan Maluku Tenggara yang aman dan nyaman,"imbuhnya. (DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024