Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dan Go Campus menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (PKD).

"Kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mewujudkan perbaikan tata kelola kinerja pemerintahan dan pembangunan tingkat Desa di Provinsi Maluku,” kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Kamis.   

Dalam pelatihan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan PT Sistem Sarjana Sejahtera (Go Campus). Kerja sama yang dibangun oleh kedua pihak ini bertujuan untuk meningkatkan digitalisasi dan kemandirian desa.  

Menurutnya MoU atau Nota Kesepahaman itu merupakan langkah strategis untuk mengarahkan dan memfasilitasi transformasi desa di Provinsi Maluku menuju desa mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan, melalui pendidikan online untuk masyarakat di desa.  

“Melalui Digital Platform Online Go Campus, semua aparatur pemerintah dan masyarakat desa dapat memperoleh pelajaran-pelajaran atau materi, dalam rangka meningkatkan keterampilan, terutama untuk UMKM maupun Pelaku Industri Desa, sehingga dapat mendorong perekonomian desa yang bermuara pada pertumbuhan ekonomi provinsi ke depan,” kata Sadali.

Ia mengharapkan MoU ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten/kota, melalui perjanjian kerja sama dengan pihak Go Campus, agar platform digital online itu dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Bagi peserta Pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, kami berharap agar saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga dapat berkontribusi secara signifikan dalam menunjang tugas dan fungsi saudara, di bidang penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan,” kata dia.

Acara itu dihadiri oleh Perwakilan Ditjen Bina Administrasi Pemerintahan Desa dan Pembangunan Sugadi, CEO Go Kampus Nathanael Santoso, Para Staf Ahli, Asisten Sekda serta Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, para pelatih dan peserta pelatihan.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024