Gubernur Maluku  2019-2024 Murad Ismail kembali maju sebagai bakal calon gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dan berjanji akan memperbaiki kinerja menjadi lebih baik.

Murad bersama pasangannya bakal calon wakil gubernur Maluku Michael Wattimena, secara resmi telah mendaftar ke komisi pemilihan umum (KPU) Maluku pada Rabu.

“Dengan jaringan kerja saya yang sudah luas, saya yakin Insya Allah Maluku ke depan akan berubah secara signifikan,” kata Bakal Calon Gubernur Maluku Murad Ismail, di Ambon.

Pasangan Murad Ismail-Michael Wattimena diusung oleh Partai Demokrat, PAN, PKB, PKS, dan Partai Golkar.

Ia juga meminta dukungan dan doa restu dari masyarakat untuk maju dalam pemilihan kepala daerah 2024.

“Saya mohon maaf apabila semasa jadi gubernur pada periode sebelumnya masih belum mewujudkan apa yang diharapkan masyarakat Maluku,” ucapnya.

Ketua KPU Maluku M. Shaddeq Fuad mengatakan telah menerima dan memeriksa secara teliti dokumen syarat pencalonan dan dinyatakan lengkap.

“Berkaitan dengan jumlah suara sah dari partai pendukung juga sudah memenuhi syarat. Selanjutnya kami telah memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan,” ujar Fuad.

Murad Ismail menjabat sebagai Gubernur Maluku sejak 2019 . bersama wakilnya Barnabas Orno setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 24 April 2019.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Maluku, Murad punya karier panjang di kepolisian  dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua atau Irjen.

 Murad Ismail merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol)  1985. Pria yang lahir di Ambon pada 11 September 1961 ini dikenal memiliki pengalaman yang banyak di bidang kepolisian.

Di antaranya pada 1992, Murad Ismail tercatat menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Gorontalo. Kemudian pada 2013 Murad Ismail diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku. 

Tidak lama berselang, di tahun yang sama Murad Ismail dipercayakan untuk menduduki posisi Kapolda Maluku. Murad Ismail juga pernah menjabat sebagai Dankor Brimob Mabes Polri. 

Sementara itu, bakal calon wakil gubernur Maluku  Michael Wattimena lahir di Itakawa, Saparua, sebuah wilayah di Maluku Tengah, Kepulauan Maluku, Indonesia, pada 12 Januari 1969. 

Memperoleh gelar kesarjanaan dari Universitas Pattimura, Ambon, nama Wattimena dikenal dalam kancah politik baik sebagai anggota Partai Demokrat dan Ketua Umum DPP Gerakan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) masa bakti 2011 - 2014.

Pemegang gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen ini juga tercatat pernah sebagai anggota Komisi V DPR RI yang membidangi masalah Perhubungan, Telekomunikasi, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024