Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Johannes Leimena Ambon menyatakan telah siap melakukan pemeriksaan kesehatan kepada bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

“RSUP Leimena akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk enam kabupaten/kota di Provinsi Maluku yaitu bakal calon kepala daerah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru,” kata Ketua Tim Pemeriksa dr. Saleh Tualeka, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala daerah tersebut, RSUP Leimena menyiapkan tim kesehatan sebanyak 27 dokter, dengan rincian dokter spesialis 23 orang, dokter umum tiga orang, satu orang dokter gigi serta tim pendukung sebanyak 33 orang.

Selain itu, pihak rumah sakit juga telah mempersiapkan fasilitas dan tim medis yang kompeten untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.

Pelaksanaan pemeriksaan bakal calon akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai pada 30, 31 Agustus sampai dengan 1 September 2024. “Jumat 30 Agustus ini dijadwalkan pemeriksaan untuk bakal calon kepala daerah dari Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat,” ujarnya.

Selanjutnya pada 31 Agustus dijadwalkan untuk Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Di hari terakhir pada Minggu, 1 September untuk Kabupaten Buru dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Ia mengaku, tentunya layanan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bakal calon kepala daerah memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan akurat dalam pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah. Hal ini penting agar proses pemilihan dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ucap Saleh.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024