Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate menyatakan pihaknya akan merespon setiap kebutuhan korban banjir bandang berdasarkan pemantauan di lapangan.

"Kami merespons kebutuhan masyarakat berdasarkan pemantauan lapangan sejak hari pertama bencana, dan ini dikoordinasi dengan unsur Forkopimda, terutama Pak Wali dan Pak Sekot yang hari itu ada di lokasi," kata Koordinator Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kota Ternate, Nardiansyah Noor, menanggapi apresiasi yang diberikan keluarga korban bencana banjir di Ternate, Selasa.

Menurutnya, Baznas Kota Ternate merupakan perpanjangan tangan pemerintah kota, yang bergerak berdasarkan koordinasi dan arahan Wali Kota selaku kepala daerah.

Ia mengatakan, pelayanan korban luka-luka yang dilakukan sejak awal hingga kepulangan kembali ke keluarga juga sudah sesuai hasil koordinasi semua pihak.

Baca juga: Baznas Ternate salurkan biaya pengobatan kepada korban selamat

Ia secara tegas mengatakan bahwa apa yang dilakukan Baznas merupakan amanah dari pemerintah dan warga Kota Ternate yang selama ini menitipkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas Kota Ternate.

"Baznas ini lembaga pemerintah non-struktural, kami tidak terpisahkan dari Pemerintah Kota Ternate. Apa yang kami lakukan adalah menjalankan sebagian tugas pemerintah, jadi tidak bisa dipisahkan," jelasnya lagi.

Dia menyebut, selama delapan hari sejak kejadian bencana banjir bandang Rua, Baznas Kota Ternate mendapat apresiasi dari warga termasuk menangani kebutuhan-kebutuhan mendesak korban banjir, terutama dalam proses pengobatan di rumah sakit.

"Sekali lagi terima kasih para donatur, warga Kota Ternate, para ASN, TNI Polri, BUMN, BUMD, karyawan swasta, organisasi, ormas dan berbagai pihak yang selama ini berzakat, berinfak dan bersedekah ke Baznas Kota Ternate. Insya Allah kami akan selalu amanah dan tepat sasaran dalam melayani warga Kota Ternate yang membutuhkan," katanya.


Baca juga: Baznas Ternate buka posko logistik ringan di titik bencana

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024