Bertempat di Lapangan Merdeka,  Kota Ambon, Maluku,  pelaksanaan  Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional yang merupakan  puncak rangkaian penyelenggaraan kegiatan dalam memeriahkan dan menyambut Hari Perhubungan Nasional  pada  17 September berlangsung khidmat.

Upacara dihadiri  Pj Gubernur Maluku diwakili  Asisten III Sekretariat Daerah sebagai Inspektur Upacara dan  bertindak sebagai Komandan Upacara Willem Thobias Fofid  dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan/KSOP Kelas I Ambon dan Perwira Upacara  Capt Ari Wibowo dari Kantor Distrik Navigasi Type A Kelas I Ambon.

Turut hadir  seluruh personel perwakilan instansi, Forkorpimda Provinsi dan Kota Ambon serta pimpinan instansi pemangku kepentingan  perhubungan di Provinsi Maluku.

Peringatan Harhubnas 2024 mengangkat tema " Transportasi Maju Nusantara Baru". Dalam upacara tersebut, sambutan tertulis Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dibacakan oleh Asisten III Sekretaris Daerah Maluku.

Dalam sambutan Menteri Perhubungan  berpesan seluruh pencapaian dan komitmen yang telah diwujudkan dalam satu  dekade ini dapat diteruskan secara keberlanjutan, dengan penuh integritas.

 Menteri Perhubungan juga menyampaikan apresiasi dan ucapan melalui sambutan yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, 

"Selamat Hari Perhubungan Nasional 2024. Semoga ikhtiar kita bersama senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT, Makin Terhubung! Satu Dekade Menghubungkan Indonesia," kata Inspektur upacara.

Ia menilai kolaborasi dalam sektor perhubungan diperlukan untuk optimalisasi pemanfaatan infrastruktur transportasi yang telah dibangun demi mewujudkan transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing  sehingga memberikan dampak positif pada mobilitas masyarakat serta pertumbuhan ekonomi. 

Beragam kegiatan telah diselenggarakan sebelumnya, seperti gerak jalan santai, lomba olahraga, lomba e-sport, kegiatan sosial berupa donor darah dan pengobatan gratis, serta pasar murah dan hiburan rakyat, yang mendapat antusiasme tinggi dari insan perhubungan di Provinsi Maluku.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala KSOP Kelas I Ambon Ferra Juliana Alfaris turut memberikan apresiasi terhadap momentum peringatan Harhubnas. 

"Dengan semangat dan semarak peringatan Harhubnas ini, saya berharap seluruh insan perhubungan semakin bersatu baik darat, laut dan udara di Maluku untuk terus memajukan layanan transportasi, khususnya di Kota Ambon.

Ia mengapresiasi  salah satu ASN terbaik Perhubungan Provinsi Maluku dari KSOP Ambon yaitu Metty Leiwakabessy untuk pencapaian prestasi dan dedikasi yang diraih dan juga apresiasi Komandan Upacara Willem Thobias Fofid yang merupakan ASN KSOP Ambon yang dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar saat upacara peringatan berlangsung sampai selesai.

Ferra menerangkan  kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat akan sangat dibutuhkan di masa depan untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan, seperti cinta tanah air dan kerja sama sosial. Sektor transportasi yang berdaya saing akan terus berperan penting dalam mendukung pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa. (Antara/HO-KSOP Ambon)

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024