Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie mengemukakan ditunjuknya Universitas Pattimura (Unpatti) sebagai tuan rumah konferensi internasional Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) 2024 menjadi momentum pengembangan dan kemajuan ilmu komunikasi di daerah ini.

"Pemerintah Provinsi Maluku menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang digelar di Kota Ambon ini, kiranya rapat koordinasi dan konferensi internasional Aspikom ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu komunikasi di Indonesia dan dunia, khususnya 'Bumi Raja-Raja'," kata Sadali di Ambon, Kamis.

Dalam rapat koordinasi dan konferensi Aspikom itu Ilmu Komunikasi Fisip Unpatti menjadi tuan rumah. Kegiatan itu mengangkat tema "Komunikasi dan Keberlanjutan di Pulau Kecil".
 

Menurut Sadali, tema ini merupakan pilihan tema yang strategis, karena telah menempatkan Indonesia, khususnya wilayah kepulauan sebagai pusat perhatian dunia dalam rangka pengembangan ilmu komunikasi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, pulau-pulau kecil menghadapi tantangan yang membutuhkan solusi komunikasi yang kreatif dan adaptif," kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, dalam hal ini komunikasi memiliki peran yang sangat krusial dalam pembangunan ke depan. Pada era globalisasi ini komunikasi bukan hanya sekadar alat untuk menyampaikan informasi, tetapi juga menjadi kekuatan pendorong perubahan sosial, dengan mengeksplorasi tren-tren komunikasi terkini dan berbagai pendekatan yang relevan.
 

"Kita berharap dari konferensi ini dapat menemukan jawaban atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kepulauan,” ujarnya.

Pada konferensi internasional ini, para guru besar dan akademisi terkait memaparkan hasil riset dan penelitiannya agar dapat dijadikan acuan pembangunan bagi daerah.

Sadali berharap momentum ini dapat membawa inspirasi, kolaborasi serta inovasi baru pada dunia ilmu komunikasi utamanya di Universitas Pattimura.

Selain itu, melalui rakor Aspikom dan konferensi internasional komunikasi ini, para peserta dapat menggali lebih dalam berbagai tren komunikasi terkini dan menemukan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kepulauan.
 

"Dengan demikian, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” ucapnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov: Konferensi Aspikom tingkatkan Ilmu Komunikasi di Maluku

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024