Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon menerima logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Ambon tahun 2024 yang dikirim melalui kapal Pelni di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Logistik pilkada yang diterima berupa 1.012 kotak suara yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, kemudian dilakukan pembongkaran, dan di saksikan kapolsek, perwakilan Kejari dan Bawaslu kota Ambon, kata Ketua KPU Ambon, Kaharudin Mahmud, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, logistik berupa kotak suara yang diterima sebanyak 1.002 dan cadangan 10 buah, atau total 1.012 kotak, sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (tps) di Kota Ambon sebanyak 501 tps sebelum adanya penetapan dpt.

Tetapi setelah dilakukan pleno penetapan daftar pemilih tetap (dpt ), terjadi pertambahan 13 tps yang selaras dengan penambahan daftar pemilih menjadi 514 tps.

Selanjutnya KPU akan lakukan adendum untuk kemudian dilakukan penambahan kotak suara.

"Apa yang kita lakukan ini sesuai keputusan peraturan KPU nomor 1.139 tahun 2024 tentang kebutuhan dan spesifikasi teknis perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan lainnya dalam pemilihan kepala daerah, maka kita ingin pastikan logistik kotak suara sesuai jumlahnya," katanya.

Usai pembongkaran dari kontainer, katanya, logistik akan di distribusi dengan truk dan dikawal personil kepolisian dari Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, menuju gudang penyimpanan logistik KPU Kota Ambon di kawasan kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Desa Poka.

Ketua Bawaslu Kota Ambon Jhon Talabessy mengapresiasi langkah yang dilakukan KPU serta aparat kepolisian yang turut mengamankan proses ini berjalan dengan baik.

"Hari ini kita lakukan pengawasan terhadap logistik khususnya kotak suara yang tiba di pelabuhan Yos Sudarso dan sudah dilakukan pembongkaran,” katanya.

Tata cara dan prosedur mekanisme sebagaimana diatur dalam keputusan KPU nomor 1.139 tahun 2024

Bawaslu turut mengawal dan mengawasi hingga proses distribusi kotak suara ke gudang penyimpanan logistik KPU.

"Sesuai hasil koordinasi dengan KPU, nanti besok (Kamis) akan dilakukan pembongkaran dan perhitungan logistik yang di distribusi,” katanya.

Logistik Pilkada yang tiba untuk Kota Ambon yakni kotak suara, juga Kabupaten Buru, Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024