Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon membuka sebanyak 2.144 formasi seleksi pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2024.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya di Ambon, Kamis mengatakan, formasi yang diberikan Kementerian PANRB untuk Pemkot Ambon sebanyak 2. 144 formasi.

"Secara resmi telah diumumkan di akun resmi Pemerintah Kota Ambon, selanjutnya dapat diakses,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini tenaga Non-ASN Pemkot Ambon yang terdata dalam pangkalan data (Database) BKN sebanyak 1.299 orang, dan yang tidak terdata sebanyak 845 orang.

"Kita mendapat formasi 2.144 untuk semua tenaga PPPK berdasarkan kebijakan yang ditetapkan, karena formasi itu tidak seluruhnya terdata dalam database BKN, karena yang terdata hanya 1.299, itu artinya ada selisih 845 orang, yang mendapat formasi tetapi tidak ada database di BKN," katanya.

Ia menjelaskan, penerimaan PPPK akan dilakukan dalam dua tahap, yakni pertama, pendaftaran dibuka mulai 3 - 20 Oktober 2024, bagi pelamar prioritas untuk jabatan fungsional guru, tenaga honorer THK-II, dan pegawai non ASN (Honor/kontrak) yang terdaftar dalam pangkalan data BKN dan aktif bekerja pada instansi pemerintah.

Sementara tahap ke dua, pendaftaran berlangsung 17 November -31 Desember 2024, bagi pelamar pegawai Non-ASN (Honorer/Kontrak) yang aktif bekerja pada instansi pemerintah paling sedikit dua tahun terakhir; secara terus menerus dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar pada pangkalan data kelulusan PPG di Kemendikbud.

Untuk itu para pegawai, yang akan masuk dalam tahap pertama itu silakan mulai melakukan pendaftaran, teliti dengan seksama seluruh persyaratan pendaftaran.

Dimulai dari pembuatan akun, kemudian mendaftar sampai pada mengunggah dokumen, sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan berkas administrasi.

Khusus bagi jabatan fungsional Pemadam kebakaran pemula dan analis kebakaran ahli pertama, wajib melampirkan sertifikat kompetensi sebagai penambahan nilai seleksi kompetensi sesuai persyaratan.

“Untuk teman-teman di dinas pemadam kebakaran alokasi cukup banyak 78 formasi, tetapi tenaga honorer tidak hanya bisa melamar pada jabatan fungsional pemadam kebakaran pemula, ataupun analisis pemadam kebakaran, namun juga ada formasi jabatan pelaksana lainnya sesuai kualifikasi pendidikan," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024