Pemerintah Provinsi Maluku berharap organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dapat berkontribusi maksimal bagi pembangunan dan kemajuan Maluku.
 

"Nahdlatul Ulama bukan saja merupakan organisasi keagamaan yang terbesar di Indonesia, tetapi lebih dari itu, NU juga memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan nasional dan kebangsaan," kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Kamis.
 

Hal itu dikatakannya saat membuka Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PWNU dengan tema "Membangun Komitmen Keislaman dan Kebangsaan di Maluku untuk Indonesia Maju" di Maluku Tengah.
 

“Besar harapan saya, muskerwil kali ini dapat melahirkan konsep-konsep dan program strategis yang dapat memberi kontribusi bagi kemajuan NU di Provinsi Maluku, dan mendorong kemajuan bagi pembangunan masyarakat,” kata Sadali.
 

Ia melanjutkan bahwa sebagai kekuatan sosial keagamaan, NU berperan dalam menciptakan hubungan antara agama yang sejuk, harmonis, damai, dan moderat, maupun berperan dalam pembangunan nasional melalui jejaring pendidikan, ekonomi keumatan, kesehatan rakyat, hingga terlibat secara aktif dalam menciptakan kehidupan nasional yang aman dan damai.
 

“Oleh karena itu, Muskerwil PWNU Provinsi Maluku saat ini tentu sangat penting dan strategis untuk tetap melanjutkan arah perjuangan NU di Provinsi Maluku,” tegas Sadali.
 

Ia juga mengingatkan organisasi itu untuk terus memperkuat eksistensi organisasi, serta memberikan kontribusi yang maksimal bagi pembangunan umat dan rakyat Maluku, sebagaimana telah dirumuskan dalam semangat NU "Merawat jagad, membangun peradaban".
 

Di samping itu dalam menghadapi momentum politik lokal yang sangat dinamis, yakni pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Maluku, Sadali mengajak pimpinan wilayah NU Provinsi Maluku untuk sama-sama mendorong kontestasi politik yang damai dan sejuk sebagaimana kiprah NU secara nasional selama ini, agar proses berdemokrasi di Maluku berlangsung secara produktif dan bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.
 

“Jadikanlah momentum ini sebagai inspirasi dan semangat baru dalam menghadapi masa depan yang penuh harapan, semoga Allah SWT selalu memberi rahmat dan karunia-Nya kepada seluruh keluarga besar NU Maluku, untuk terus berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara, khususnya dalam membangun Provinsi Maluku tercinta,” katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024