Ternate (Antara Maluku) - Universitas Muhammadiyah Maluku Utara menggelar sosialisasi bagi pemilih pemula untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula pada Pemilihan Umum 9 April 2014.

Sosialisasi mengambil tema "We Are Rock The Vote Indonesia" atau gerakan pemilih pemula tersebut merupakan kerja sama CEPP Fisip UMMU dengan Ditjen Kesbangpol Kemendagri, kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Kamis.

Selain mahasiswa dan siswa-siswi SMA se-kota Ternate, hadir dalam kegiatan tersebut, pihak rektorat UMMU, walikota Ternate, serta sejumlah undangan lainnya.

Wali kota menyatakan apresiasi dan penghargaannya atas insiatif dari pihak UMMU dalam menyelenggarakan kegiatan ini, karena kegiatan sosialisasi seperti ini, merupakan terobosan yang baru pertama kali dilaksanakan di Malut.

"Ini merupakan langkah strategis dan sebuah penddikan politik, sebab selain kampanye bagi pemilih pemula, kegiatan ini juga disertai dengan simulasi, sehingga nantinya para pemilih dapat menggunakan hak pilihnya tanpa kesalahan atau kekeliruan," ujarnya.

Dia mengatakan, pemilu merupakan sebuah proses penting sebab hanya dilaksanakan 5 tahun sekali, untuk itu kepada peserta yang rata-rata merupakan pemilih pemula untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak pilihlah sesuai hati nurani dan gunakan hak pilih sebaik-baiknya karena itu merupakan hak demokrasi yang harus digunakan sebaik-baiknya untuk menentukan bangsa ini, daerah ini untuk 5 tahun ke depan.

Wali kota mengajak seluruh peserta yang hadir untuk menyampaikan informasi dan cara mencobos kepada temen-teman mereka di sekolah, agar proses demokrasi bisa berlangsung dengan sukses.

"Saya berharap pemilih pemula bisa mengunakan hak pilihnya dan mengajak teman-teman untuk memilih pada tanggal 9 April mendatang. Pilihlah sesuai hati nurani" katanya.

Wali kota juga berharap, kepada seluruh peserta untuk menyimak dan mencerna secara detail sosialisasi ini, sebab nantinya akan menambah pnegetahuan dan referensi.

Gunakan sebaik-baiknya, kesempatan ini, jika tidak mengerti bisa bertanya sedetail-detainya, supaya semuannya mengerti dan memahami yang pada akhirnya, bisa menggunakan hak pilihnya pada 9 April mendatang, ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014